Jakarta: Oli gardan menjadi salah satu cairan yang wajib ada di sepeda motor. Seiring berjalannya waktu dan lamanya pengoperasian kendaraan matic, tingkat kekentalan pada oli gardan juga akan semakin berkurang dan terkontaminasi.
Nah kira-kira kamu sudah tahu belum fungsi oli gardan ini dan kapan waktu untuk penggantiannya?
Fungsi Oli Gardan
Oli gardan atau disebut oli transmisi berfungsi sebagai pelumas pada bagian transmisi motor matic. Selain melindungi, oli gardan juga mengoptimalkan kinerja komponen Continuously Variable Transmission (CVT), seperti gear, roller, dan bearing.
Oli gardan dirancang untuk melumasi gear ratio pada sistem transmisi yang bekerja dalam kecepatan tinggi dan menerima beban torsi besar. Dengan begitu, komponen jadi nggak mudah aus akibat terjadi gesekan.
4 Ciri Oli Gardan Motor Perlu Diganti
1. Suhu Meningkat
Ciri yang menandakan bahwa oli gardan motor matic habis adalah ketika motor mengalami overheating. Ini disebabkan karena gardan tidak mendapat pelumasan dengan baik.
Akibatnya, timbul gesekan antara komponen yang ada pada gardan tersebut sehingga meningkatkan suhu sampai overheating.
2. Bearing Gardan Goyang
Dampak telat mengganti hingga menyebabkan oli gardan motor matic habis bisa memicu kerusakan pada beberapa bearing yang ada di dalam gardan.
Salah satunya adalah bearing gardan pada box CVT yang berfungsi untuk menyelaraskan putaran mesin motor matic dan pulley bagian depan.
Kondisi bearing gardan yang goyang atau rusak bisa ditandai dengan munculnya suara yang kasar seiring dengan kian meningkatnya laju motor matic saat dipacu.
3. Tercium Bau Tidak Sedap
Saat dinyaakan, motor matic mengeluarkan bau tak sedap? Bisa jadi oli gardannya habis atau sudah terlalu kotor. Jika sudah seperti ini, jangan ditunda lagi, segera bawa kendaraan matic Anda ke bengkel resmi terdekat untuk mengganti oli gardan.
4. Oli Keluar dari Gardan
Ciri terakhir jika oli gardan sudah benar-benar habis adalah ketika terlihat adanya tanda-tanda kebocoran oli di bagian gardan. Seperti, munculnya oli yang keluar di sekitar gardan atau di bagian bawah motor.
Jakarta: Oli gardan menjadi salah satu cairan yang wajib ada di
sepeda motor. Seiring berjalannya waktu dan lamanya pengoperasian kendaraan matic, tingkat kekentalan pada oli gardan juga akan semakin berkurang dan terkontaminasi.
Nah kira-kira kamu sudah tahu belum fungsi oli gardan ini dan kapan waktu untuk penggantiannya?
Fungsi Oli Gardan
Oli gardan atau disebut oli transmisi berfungsi sebagai pelumas pada bagian transmisi motor matic. Selain melindungi, oli gardan juga mengoptimalkan kinerja komponen Continuously Variable Transmission (CVT), seperti gear, roller, dan bearing.
Oli gardan dirancang untuk melumasi gear ratio pada sistem transmisi yang bekerja dalam kecepatan tinggi dan menerima beban torsi besar. Dengan begitu, komponen jadi nggak mudah aus akibat terjadi gesekan.
4 Ciri Oli Gardan Motor Perlu Diganti
1. Suhu Meningkat
Ciri yang menandakan bahwa oli gardan motor matic habis adalah ketika motor mengalami overheating. Ini disebabkan karena gardan tidak mendapat pelumasan dengan baik.
Akibatnya, timbul gesekan antara komponen yang ada pada gardan tersebut sehingga meningkatkan suhu sampai overheating.
2. Bearing Gardan Goyang
Dampak telat mengganti hingga menyebabkan oli gardan motor matic habis bisa memicu kerusakan pada beberapa bearing yang ada di dalam gardan.
Salah satunya adalah bearing gardan pada box CVT yang berfungsi untuk menyelaraskan putaran mesin motor matic dan pulley bagian depan.
Kondisi bearing gardan yang goyang atau rusak bisa ditandai dengan munculnya suara yang kasar seiring dengan kian meningkatnya laju motor matic saat dipacu.
3. Tercium Bau Tidak Sedap
Saat dinyaakan, motor matic mengeluarkan bau tak sedap? Bisa jadi oli gardannya habis atau sudah terlalu kotor. Jika sudah seperti ini, jangan ditunda lagi, segera bawa kendaraan matic Anda ke bengkel resmi terdekat untuk mengganti oli gardan.
4. Oli Keluar dari Gardan
Ciri terakhir jika oli gardan sudah benar-benar habis adalah ketika terlihat adanya tanda-tanda kebocoran oli di bagian gardan. Seperti, munculnya oli yang keluar di sekitar gardan atau di bagian bawah motor.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)