Ketika melakukan pemasangan audio ini, banyak yang tidak memperhatikan kemampuan aki bawaan. BOsch
Ketika melakukan pemasangan audio ini, banyak yang tidak memperhatikan kemampuan aki bawaan. BOsch

Tips Knowledge

Modifikasi Audio Mobil, Jangan Abai dengan Aki

Otomotif modifikasi mobil tips knowledge
Ekawan Raharja • 18 Mei 2020 09:29
Jakarta: Ketika melakukan modifikasi mobil, khususnya yang berpengaruh kelistrikan seperti audio, harus memperhatikan aki. Jangan sampai aki yang digunakan tidak mencukupi dan berakhir pada aki tekor dan rusak.
 
National Sales Manager Bosch Automotive Aftermarket Division Bosch di Indonesia, Agung Sinulingga, menjelaskan banyak yang melakukan modifikasi audio dengan menambahkan subwoofer, upgrade head unit, pemasangan tv, dan berbagai perangkat lainnya. Ketika melakukan pemasangan audio ini, banyak yang tidak memperhatikan kemampuan aki bawaan.
 
"Kalau misalkan teman-teman menggunakan Avanza, akinya MS40Z, aki tipe kecil. Begitu keluar dari pabrik, aki dengan tipe tersebut dengan 35 Ampere itu sudah cukup. tetapi begitu teman-teman menambahkan audio, kebutuhan listriknya yang tadinya standar jadi melonjak tinggi dari yang dibutuhkan," ungkap Agung Sinulingga melalui webinar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Agung memberikan solusi dengan mengganti dengan aki yang kapasitasnya lebih besar namun harus dengan ukurannya yang sama. Karena rata-rata tantangan mengganti aku dengan kapasitas yang lebih besar berimbas dengan ukuran aki yang lebih besar.
 
Dia pun menjelaskan konsumen bisa menggunakan aki Bosch Hightec Silver AMS yang merupakan model aki kering. Agung mengklaim akinya ini memiliki ukuran yang sesuai dengan kedudukan spesifikasi mobil amun dengan kapasitas yang lebih besar sekitar 15 persen.
 
"Umur lebih panjang karena aki silver ini sudah dilengkapi dengan lapisan silver yang melapisi pulnya. Lapisan silver ini jauh lebih tahan lama dan lebih tahan karat dibandingkan lapisan kalsium di aki standar. Umur pakainya lebih panjang, daya tahannya lebih panjang, dan tenaganya jauh lebih."

Siapkan Battery Charger Apabila Mobil Parkir Lama

Khusus selama work from home (WFH) yang membuat mobil banyak terparkir lama di garasi, tentu harus memperhatikan kondisi aki mobil. Salah satu cara untuk mengantisipasi aki tekor adalah menyediakan battery charger.
 
Penggunaan battery charger ini cukup mudah, karena cukup di colok di aki saja. Kalau aki sudah penuh, charger ini bisa secara otomatis memutus arus listrik sehingga baterai aman tidak akan over kapasitas.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif