Jakarta - Kendaraan dengan usia di atas 10 tahun, seharusnya mulai memperhatikan kondisi selang-selang karet yang punya fungsi vital untuk menjalankan fungsi mesin. Lantaran jika selang rusak saat kendaraan sedang digunakan, tentu ini jadi masalah tersendiri.
Seperti yang dirasakan oleh Kung-kung sang pemilik Honda CR-V lansiran 2003. Mobilnya mengalami kebocoran air radiator dari selang yang mulai getas. Lucunya, selang radiator tersebut bocor ketika Ia telah tiba di lokasi kejadian.
Setelah dilakukan pengecekan, ternyata kondisi selang radiatornya mulai bermasalah. Karet yang mulai getas tak mampu lagi menahan tekanan kuat dari radiator ke mesin dan juga sebaliknya.
"Ketika tutup radiator dibuka, ada serbuk berupa karet di tutup radiator dan sekitar corong penutup. Itu sudah menjadi tanda-tanda terjadinya masalah di sistem pendingin cairan tersebut. Ketika dicek lebih lanjut, kondisi karetnya memang sudah getas," ujar Kepala Mekanik Provis AutoLab, Dayat kepada medcom.id beberapa waktu lalu.
Ia pun menegaskan bahwa komponen ini wajib dicek secara berkala, terutama untuk kendaraan yang usianya sudah berada di atas 10 tahun. Jika tidak dilakukan pengecekan, bisa jadi masalah ketika berada di perjalanan.
Jika ternyata masalah terjadi ketika berada di perjalanan, ada beberapa cara untuk mengakali kondisi tersebut. Bisa mencari selang dengan diameter yang sama dan menyambungkannya untuk sementara waktu.
Atau bisa juga dengan cara melakukan bypass, agar cairan pendingin dari mesin tidak keluar dan habis. Tapi Anda juga perlu untuk melakukan pengecekan air radiator. Pastikan agar levelnya tetap berada dalam batas wajar, sehingga aman untuk dibawa ke bengkel.
Jakarta - Kendaraan dengan usia di atas 10 tahun, seharusnya mulai memperhatikan kondisi selang-selang karet yang punya fungsi vital untuk menjalankan fungsi
mesin. Lantaran jika selang rusak saat kendaraan sedang digunakan, tentu ini jadi masalah tersendiri.
Seperti yang dirasakan oleh Kung-kung sang pemilik Honda CR-V lansiran 2003. Mobilnya mengalami kebocoran air radiator dari selang yang mulai getas. Lucunya, selang radiator tersebut bocor ketika Ia telah tiba di lokasi kejadian.
Setelah dilakukan pengecekan, ternyata kondisi selang radiatornya mulai bermasalah. Karet yang mulai getas tak mampu lagi menahan tekanan kuat dari radiator ke mesin dan juga sebaliknya.
"Ketika tutup radiator dibuka, ada serbuk berupa karet di tutup radiator dan sekitar corong penutup. Itu sudah menjadi tanda-tanda terjadinya masalah di sistem pendingin cairan tersebut. Ketika dicek lebih lanjut, kondisi karetnya memang sudah getas," ujar Kepala Mekanik Provis AutoLab, Dayat kepada medcom.id beberapa waktu lalu.
Ia pun menegaskan bahwa komponen ini wajib dicek secara berkala, terutama untuk kendaraan yang usianya sudah berada di atas 10 tahun. Jika tidak dilakukan pengecekan, bisa jadi masalah ketika berada di perjalanan.
Jika ternyata masalah terjadi ketika berada di perjalanan, ada beberapa cara untuk mengakali kondisi tersebut. Bisa mencari selang dengan diameter yang sama dan menyambungkannya untuk sementara waktu.
Atau bisa juga dengan cara melakukan bypass, agar cairan pendingin dari mesin tidak keluar dan habis. Tapi Anda juga perlu untuk melakukan pengecekan air radiator. Pastikan agar levelnya tetap berada dalam batas wajar, sehingga aman untuk dibawa ke bengkel.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)