Initial crack bisa ada potensi kaca mobil pecah tanpa sebab. Riefky
Initial crack bisa ada potensi kaca mobil pecah tanpa sebab. Riefky

Faktor yang Membuat Kaca Mobil Pecah Secara Tiba-tiba

Otomotif perawatan kendaraan tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 24 Juni 2019 16:28
Jakarta: Kaca mobil yang terbuat dari tempered glass memang didesain untuk lebih tahan dengan berbagai cuaca dan getaran. Tapi bukan berarti kaca mobil tidak bisa pecah, karena kemungkinan itu tetap ada, baik yang disebabkan dari faktor internal ataupun eksternal.
 
Menurut Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, penyebab eksternal bisa karena lontaran batu atau benturan. Sedangkan internal bisa dari proses handling, pemasangan dan proses pengiriman.
 
Melihat dari beberapa kasus yang pernah ada, kata Anjar, kaca pecah karena faktor internal bisa saja terjadi meski kemungkinannya sedikit. Initial crack atau retakan awal disebut menjadi pemicu utama kaca pecah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Initial crack digambarkan Anjar sebagai titik retak yang sangat kecil dan tak terlihat secara kasat mata."Memang saat itu kaca tidak pecah, tapi ketika titik itu jadi awalan crack, lama-kelamaan akan meluas," kata Anjar saat berbincang dengan medcom.id, di sela acara Teknisi Daihatsu Adu Skill, di Sunter, Jakarta, beberapa waktu lalu.
 
Faktor yang Membuat Kaca Mobil Pecah Secara Tiba-tiba
 
Anjar menegaskan, kalau tidak ada initial crack kondisi itu tidak akan terjadi sama sekali (kaca mobil pecah). Meski semua kaca mobil sudah memakai temper, namun kalau sudah ada initial crack bisa ada potensi.
 
"Kalau kaca sudah terpasang di mobil initial crack bisa membesar, apalagi mobil sudah digunakan. Seperti kaca memuai kena panas dan kena getaran ketika lewat jalan jelek. Kalau sudah ada initial crack bisa ada potensi," tambah Anjar.
 
Nah, bagi pemilik Daihatsu tak usah khawatir jika kaca mobil Anda tiba-tiba pecah tanpa sebab, dan akibat dari faktor internal, maka Daihatsu siap menggantinya secara gratis selama masih ada garansi. "Sebagai Sahabat Daihatsu kita akan bantu, kita cover selama tiga tahun atau selama 100 ribu km."
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif