Rem mendecit biasanya disebabkan adanya tumpukan kerak kotoran seperti debu, residu oli atau gemuk di cakram dan tromol. Auto2000
Rem mendecit biasanya disebabkan adanya tumpukan kerak kotoran seperti debu, residu oli atau gemuk di cakram dan tromol. Auto2000

GIIAS 2019

Bersihkan Kaliper Rem agar Bekerja Maksimal dengan Break Cleaner

Otomotif toyota giias GIIAS 2019
Ekawan Raharja • 26 Juli 2019 08:12
BSD City: Bunyi aneh yang masuk hingga kabin mobil akibat rem terganggu, ternyata tidak cuma membuat kuping pengendara jadi tidak nyaman. Jika dibiarkan berlarut-larut yang pasti dapat mengganggu fungsi rem secara optimal.
 
Rem mendecit biasanya disebabkan adanya tumpukan kerak kotoran seperti debu, residu oli atau gemuk di cakram dan tromol, seperti dikutip dari laman resmi Auto2000. Hal itu lantaran banyak dari pemilik mobil enggan melakukan perawatan, meskipun sudah tahu kalau kondisi rem sedang tidak prima.
 
Mengatasi atau menghilangkan decit pada rem mobil tidaklah sulit. Karena hanya butuh membersihkan cakram, tromol dan komponen lainnya yang ada di seputar roda mobil. Bahkan peralatan yang dibutuhkan juga terbilang sederhana diantaranya kunci roda, dongkrak, lap (kain bersih), kuas halus, cairan khusus pembersih rem atau kompresor jika tersedia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk membersihkan rem tidak bisa menggunakan cairan sembarangan, harus cairan khusus untuk membersihkan rem. Biasaya cairan ini tersedia di pasaran umum, baik keluaran aftermarket atau pabrikan seperti Toyota Motor Oil (TMO) Brake Cleaner.
 
Brake Cleaner digunakan pada saat servis berkala maupun perawatan sistem pengereman, guna membersihkan komponen dari debu, minyak, dan oli. Merek asal Jepang ini merekomendasikan penggunaan Brake Cleaner pada kendaraan Toyota, karena efektif membersihkan kotoran yang terdapat di rem dan formulanya telah disesuaikan dengan kinerja sistem pengereman, sehingga pengguna mobil akan mendapatkan pengalaman berkendara yang lebih aman dan nyaman.
 
Selama ini, pengerjaan pembersihan rem masih ditemukan secara manual dengan menggunakan amplas dan semprotan angin, dan hal ini tidak baik untuk kesehatan dan lingkungan. Dengan penggunaan Brake Cleaner, kondisi ini dapat ditanggulangi.
 
Selain itu, dengan penggunaan TMO Brake Cleaner, pelanggan mendapatkan jaminan standar & kualitas yang sama di setiap bengkel resmi. Produk ini digunakan mulai dari servis berkala 10.000 Km dan akan diulang setiap servis 20.000 Km.
 
Soal harga, break cleaner milik Toyota dibnaderol Rp70 ribu. Untuk cairan serupa biasanya harganya tidak terlalu jauh berbeda, dan bisa ditemukan di bengkel-bengkel yang menyediakan cairan pembersih kendaraan.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif