Jangan lupa setting rem tromol di sepeda motor dengan benar. Medcom.id/Ekawan Raharja
Jangan lupa setting rem tromol di sepeda motor dengan benar. Medcom.id/Ekawan Raharja

Tips Knowledge

Begini Cara Setting Rem Tromol di Sepeda Motor

Otomotif tips motor tips knowledge tips otomotif
Ekawan Raharja • 23 Februari 2020 10:38
Jakarta: Sejumlah sepeda motor jenis matic atau jenis lainnya masih mengunakan rem tipe tromol atau drum di roda belakangnya. Pemilik sepeda motor tentu saja harus tahu pengaturan yang tepat komponen ini akan memberikan kenyamanan dan keamanan ketika digunakan.
 
Menyetel rem tromol sangatlah mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah, cukup dengan cara memutar mur penyetel di paha rem. Namun, pemilik sepeda motor tentu harus paham terlebih dahulu patokannya agar penyetelannya tepat.
 
Umumnya pedal rem membutuhkan jarak main antara 20 mm-30 mm, seperti dikutip dari situs resmi Federal Oil. Jika terlalu dalam dipastikan kaki kanan atau tuas kiri rem pada motor matic akan tidak nyaman mengoperasikannya, bahaya juga mengintai ketika melakukan pengereman dalam keadaan ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika sudah diatur, pastikan jarak mainnya sesuai dengan standar. Jangan sampai terlalu keras karena akan membuat kampas rem terus bergesekan dengan teromol yang membuat masa pakainya cepat berakhir.
 
kunci yang dibutuhkan untuk memutar mur penyetelan rem tromol berbeda-beda. Umumnya menggunakan kunci 12 atau 14, bahkan ada beberapa motor yang mur penyetelnya berbentuk sayap kupu-kupu sehingga tidak memerlukan kunci untuk menyetel rem.
 
Nah sepeda motor anda masih menggunakan rem tromol di belakang? Langsung di cek kondisinya sekarang juga.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif