Tips berkendara motor trail butuh pengetahuan khusus agar tetap aman saat trabasan atau enduro. Alza-PR
Tips berkendara motor trail butuh pengetahuan khusus agar tetap aman saat trabasan atau enduro. Alza-PR

Belajar Riding Motor Trail, Pemula Wajib Tahu Ini Biar Enggak Kagok!

Ahmad Garuda • 17 Agustus 2024 07:56
Bandung - Berkendara motor dengan dimensi yang tinggi, tentu dibutuhkan cara tersendiri. Apalagi berkendara motor trail atau motocross, dipastikan punya tata cara sendiri agar bisa maksimal dan tetap aman saat trabasan atau ikut di event enduro. Kalau Anda termasuk salah satu dari yang ingin belajar trabasan atau enduro, silakan disimak tips berikut ini.
 
Instruktur dan Mantan Crosser Nasional, Doddy Setiadi dalam sesi coaching clinic Yamaha Enduro Challenge 2024 seri pembuka di kawasan Jalak Harupat, Bandung, menegaskan bahwa prinsip dasar berkendara motor trail itu sangat berbeda dengan motor di untuk peruntukan jalan aspal. Mengingat dari dimensi dan kemampuannya saja berbeda jauh.
 
"Banyak orang yang bingung saat ingin mengendarai tipe motor seperti motor trail. Dimensinya yang jangkung membuat orang terlihat sulit menaikinya. Banyak hal yang berbeda dari cara berkendara dengan motor jalan raya. Mulai dari cara naiknya, posisi duduk di berbagai kondisi, cara berbelok, hingga penempatan titik berat kendaraan. Itu harus dipahami semua agar tetap aman dalam berkendara," ujar Doddy Setiadi. 

Sebelum masuk ke langkah berkendara menggunakan motor trail, sebelumnya pastikan perklengkapan berkendara digunakan dengan baik dan benar. Seperti sepatu boot, sarung tangan, helm, pelindung siku dan lutut, pelindung dada dan punggung serta HANS (hand and neck support) jika memungkinkan.
 
Baca Juga:
Kemenhub akan Penuhi Bus Listrik Sebagai Transportasi di IKN
 

Panduan Mengendarai Motor Motocross

Cara Naik

Cara untuk mengendarai motor ini adalah hal pertama yang harus Anda pahami. Sebaiknya jika masih ragu, harus dipandu oleh ahlinya. Naik ke atas motor dalam kondisi standar samping masih terpasang, adalah hal yang direkomendasikan. Setelah itu bisa mulai mengukur sejauh mana kaki Anda bisa menapak di permukaan tanah.

Posisi Berkendara

Untuk posisi berkendara, tentu sangat berbeda dengan motor versi jalan raya. Lantaran banyak kondisi yang bisa terjadi, maka posisi tubuh sebaiknya tetap berada di tengah agar fleksibel untuk bergerak ke belakang atau ke depan. Mayoritas cara berkendara motor ini dalam posisi berdiri sehingga, lutut wajib menjepit tangki motor.

Cara Menggenggam Setang

Cara menggenggam setang, kurang lebih sama dengan motor untuk keperluan balap. Sikut tangan dibikin terbuka agar bisa jadi suspensi aktif saat melibas ragam kondisi jalan. Buka tutup gas, dilakukan seperti membuka kunci, begitu juga saat menekan tuas rem atau kopling. 

Cara Menikung

Saat ingin menikung menggunakan motor jenis motocross ini, diperlukan gaya berkendara yang berbeda. Posisi tubuh dalam posisi counter balance dan kaki yang berada di bagian dalam tikungan dijulurkan ke depan sementara badan sedikit agak condong ke belakang. 

Cara Mainkan Gas dan Kopling

Doddy menjelaskan bahwa saat trabasan atau ikut di event enduro, momentum adalah kunci segalanya. Jika telat buka gas atau lepas kopling, tentu akan nyangkut di handicap tertentu. Hal inilah yang mewajibkan seorang rider harus lihat membaca handicap atau medan yang akan dijalaninya agar tetap aman. 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan