Pahami cara pakai rem ABS, jangan asal pakai tapi tak tahu cara optimalisasinya. MCDW
Pahami cara pakai rem ABS, jangan asal pakai tapi tak tahu cara optimalisasinya. MCDW

Jangan Asal Pakai ABS, Wajib Ngerti Cara Pakainya

Otomotif safety riding road safety tips knowledge
Ahmad Garuda • 15 Maret 2019 14:18
Jakarta: Industri otomotif memang sudah mulai sadar akan pentingnya fitur-fitur keamanan berkendara di kendaraan yang mereka produksi. Bukan hanya mobil, namun juga di motor. Begitu juga dengan para konsumen, mereka sudah lebih mengerti membeli kendaraan, wajib dilengkapi fitur keamanan dasar.
 
Contohnya sabuk pengaman dan fitur Anti-lock Braking System. Jika sabuk pengaman tidak sulit untuk menggunakannya, namun Anda pun wajib paham bagaimana cara kerja atau menggunakan sistem pengereman ABS. Lantaran banyak orang yang masih salah dalam penggunaannya.
 
Menurut Instruktur Safety Defensive Consulting Indonesia (SDCI), Sony Susmana, bahwa banyak orang yang tak mengerti menggunakan fitur ini. Sehingga saat terjadi kecelakaan, Ia tetap menyalahkan fitur kendaraan yang tak berfungsi maksimal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau saya perhatikan, banyak yang menggunakan rem ABS itu saja ketika belum melakukan manuver. Saat melakukan manuver, mereka justru melepas pedal atau tuas rem. Padahal di sinilah peran sistem ABS itu bekerja. Mencegah roda untuk terkunci meski kemudi tetap diputar," klaim Sony.
 
Akibatnya, lanjut Sony, banyak yang menganggap bahwa fitur itu tetap tidak bekerja sempurna. Padahal dari sisi praktik, mereka sudah tidak menggunakannya dengan benar.
 
"Memang ini menjadi edukasi yang sangat penting. ABS itu akan bekerja ketika tuas atau pedal rem ditekat sedalam-dalamnya dan membiarkan sistemnya bekerja. Sembari pengemudi tetap fokus ke jalan untuk melakukan manuver. Itu baru benar, tapi selama tidak melakukan hal itu, ya sama saja tidak memanfaatkan fitur dengan benar."
 
Untuk kendaraan roda, praktek penggunaan rem ABS ini mungkin akan lebih sulit. Mengingat tuas pengereman depan dan selongsong gas berada di tempat yang sama. Kemudian juga menggunakan tangan untuk bermanuver, itu tentu tak akan mudah.
 
Namun jika Anda bisa berlatih menggunakan ini, setidaknya mulai belajar soal cara memahami kinerja fitur keamanan terkini di kendaraan Anda.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi