Cara mendeteksi kerusakan kendaraan dari suara motor. MCN
Cara mendeteksi kerusakan kendaraan dari suara motor. MCN

Mendeteksi Kerusakan Motor, Bisa dari Suara?

Otomotif perawatan kendaraan tips knowledge
Ahmad Garuda • 15 Mei 2019 09:08
Jakarta: Beda jenis motor akan beda juga suara yang dikeluarkan dari knalpotnya. Namun dari suara ini jugalah yang akan membuat Anda bisa mendeteksi kerusakan atau masalah yang terjadi di kendaraan. Tentu beberapa cara bisa dilakukan untuk mendeteksi komponen yang bermasalah tersebut.
 
Dikutip dari Motorcyclenews, bahwa untuk mendeteksi terjadinya masalah di mesin motor, beberapa jenis bunyi akan mulai terdengar aneh. Bisa saja datangnya dari kepala silinder, tensioner atau sistem mekanisme di rantai keteng (camchain).
 
"Namun Anda patut bisa membedakan soal bunyi di awal mesin dioperasikan dengan saat motor yang sudah lebih dulu panas. Saat mesin baru dinyalakan, suara berisik dari mesin biasanya lebih besar, lantaran beberapa komponen baru dioperasikan. Kemudian mesin juga masih dingin pelumas belum bekerja optimal. Tapi suara ini akan lebih tenang ketika temperatur mulai normal."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun jika suara yang keluar justru lebih besar dan mengganggu, berarti itu jadi gejala bahwa terjadi masalah di mesin motor Anda. Beberapa cara mendeteksi yang disarankan sebagai berikut.
 
Suara Berdeguk
Jika terdengar suara berdeguk atau seperti jeda, kemungkinan kerusakan terjadi di sistem pendingin. Sistem ini seharusnya beroperasi lebih tenang tanpa suara. Coba lakukan pengecekan terhadap sistem pendingin cairan di mesin. Jika kurang, silakan ditambahkan dan jika terjadi penurunan dengan cepat biasanya ada masalah kebocoran.
 
Suara Ledakan dari Knalpot
Kalau terjadi masalah ledakan yang biasa ritme yang jarang-jarang, bisa jadi ada kebocoran di bagian knalpot. Coba lakukan pengecekan di bagian header dan sambungan ke saluran pembuangannya. Kalau terjadi kebocoran karena posisi pasang tak tepat, mungkin bisa diperbaiki tanpa masalah. Tapi kalau keropos, maka mau tak mau, harus dilakukan penggantian komponen.
 
Suara Ketukan
Bila terjadi suara ketukan saat menyalakan mesin sepeda motor, indikasi terjadi masalah di katup hisap dan buang sangat mungkin terjadi. Terjadinya masalah di bagian ini sangat memungkinkan performa motor turun secara drastis. Sehingga bagian katup mau tak mau harus diprioritaskan untuk perbaikan terlebih dahulu.
 
Suara Gemerincing dan Tamparan
Jika terjadi masalah suara gemerincing dan suara tamparan saat mengangkat RPM, itu tanda-tanga terjadinya masalah di sistem operasi rantai keteng. Biasanya sistem ini sudah aus dan masa pakainya sudah lewat. Sehingga dibutuhkan penggantian agar tak membuat sistemnya lebih rusak.
 
Suara Mendesing
Suara yang timbul mendesing ini, biasanya ditimbulkan oleh setelah rantai yang kurang tepat atau bisa juga kondisi rantai yang tak lagi optimal. Segera lakukan pengecekan dan wajib menggantinya dengan yang baru jika memang diperlukan.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif