Para hijabers perlu cemat dan tepat ketika memilih helm yang sesuai dengan kepalanya. NAVARO
Para hijabers perlu cemat dan tepat ketika memilih helm yang sesuai dengan kepalanya. NAVARO

Cara Memilih Helm untuk Para Hijabers

Otomotif tips motor safety riding tips knowledge
Ekawan Raharja • 22 April 2019 10:47
Jakarta: Ketika berpergian dengan sepeda motor, maka helm merupakan perlengkapan berkendara yang tidak boleh dilupakan untuk dikenakan. Khusus untuk para wanita, terutama yang menggunakan hijab, ada sedikit kiat khusus untuk menentukan helm yang sesuai agar nyaman dikenakan selama perjalanan.
 
Executive Director RSV Helmet, Richard Ryan, menerangkan untuk wanita yang menggunakan hijab atau jilbab perlu trik khusus ketika memilih helm yang sesuai. Mengingat biasanya untuk para hijabers (perempuan yang menggunakan hijab) terdapat cepol di bagian belakang yang menonjol.
 
"Para hijabers ini biasanya di bagian belakang terdapat cepol di belakang kepala. Sehingga bentuk kepalanya tidak bulat dan hingga saat ini belum ada produsen helm yang mendesain helm khusus untuk paraa hijaber ini," terang Richard Ryan di acara deklarasi Journalist Vario Owners Community (NAVARO) di kawasan Jakarta Selatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk mengakali tersebut, sebaiknya para hijabers ini melakukan fitting ketika membeli helm. Kemudian dari hasil fitting tersebut, mereka membeli helm dengan ukuran di atasnya satu tingkat. Jika kepalanya biasanya cukup menggunakan helm berukuran M, maka bisa membeli ukuran L.
 
Kemudian untuk mengatasi ukuran yang kebesaran di bagian samping, maka busa dibagian samping bisa diganti dengan ukuran sesuai. Bila jadi membeli ukuran L, maka bisa mengganti busa dibagian pipi dengan ukuran M.
 
"Bagian samping ini memang harus sesuai dengan ukuran karena memang berfungsi menjaga kepala dari benturan, kalau dibiarkan ada ruang maka tidak maksimal. Kemudian dari desain bila melakukan pergantian busa di bagian pipi, maka akan ada sela sedikit di bagian kening. Hanya saja di bagian belakang akan ada sedikit ruang untuk cepol hijab," jelas Richard.
 
Disebutkan kalau pergantian busa ini tidak lama karena sistemnya sudah model plug-in, sehingga tinggal di lepas dan kemudian diganti secara cepat. Kalau untuk urusan harga pergantian busa akan memakan waktu sekitar Rp125 ribu.
 
Nah demikian sedikit tips cara mencari helm untuk para hijabers. Kira-kira helm yang anda gunakan sekarang ini sesuai dengan ukuran kepala anda?
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif