Terapkan Konsep SEE Ketika berkendara
Pandangan harus tertuju ke depan ketika mengendara sepeda motor. Suzuki
Jakarta: Arah pandangan memegang peranan penting ketika mengemudi sepeda motor. Pastikan pandangan selalu melihat ke depan untuk melihat berbagai kondisi yang ada di jalan raya ketika mengemudi.

Traner Khusus Roda Dua dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Doddy Setiadi, membeberkan pandangan harus melihat jauh ke depan. Bahkan untuk pandangan ke depan, pengendara harus bisa melihat hingga 10 meter ke depan.

"Pandangan harus melihat ke depan, karena percaya atau tidak sepeda motor akan menyesuaikan dengan pandangan mata. Kalau misalkan melihat lubang dan tertuju ke sana, maka sepeda motor akan mengarah ke lubang tersebut. Sehingga pandangan harus melihat ke depan, dan mencari solusi menghindari lubang tersebut," bebernya Minggu (28/10/2018) di MPMRent Training Center, Ciawi, kabupaten Bogor.

Dia membagi trik kepada pengendara dengan konsep SEE (See, Evaluate, Execute). Menurutnya dengan konsep SEE tersebut, pengendara bisa lebih baik memperhatikan kondisi jalan dan berkendara dengan baik dan aman.


"Jadi dengan See (melihat), pandangan melihat jauh ke depan bahkan 10 meter di depan. Kemudian Evaluate (evaluasi) dengan memprediksi kemungkinan yang ada di jalan kedepannya. Setelah mengevaluasi, saatnya mengeksekusi bagaimana sepeda motor harus dikendarai."

"Sebagai contoh jika ada lubang di jalan, itu sudah kita lihat 10 meter yang lalu. Kita sudah perhatikan dan cari solusi untuk menghindari lubang tersebut. Kita harus melihat bagaimana kondisi 10 meter ke depannya," beber Doddy ramah.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id