Perhatikan cara pemasangan LED di motor agar tidak merusak komponen lainnya. Youtube
Perhatikan cara pemasangan LED di motor agar tidak merusak komponen lainnya. Youtube

Tips Ganti Lampu LED

4 Hal yang Mesti Dipertimbangkan Sebelum Pasang LED di Motor

Otomotif tips motor
M. Bagus Rachmanto • 07 Agustus 2020 08:08
Jakarta: Kemajuan teknologi otomotif seiring perkembangan zaman. Dulu lampu utama/headlights pada dasarnya diciptakan sebagai alat penerangan sepeda motor ketika berkendara di saat gelap. Kini, lampu yang terpasang di bagian depan motor tersebut punya fungsi lebih dari sekadar alat penerang, tapi juga bisa membuat penampilan motor lebih gaya.
 
Maka tak heran banyak motor yang tidak lagi menggunakan bohlam untuk lampu, dan beralih ke light emitting diode alias LED. Apalagi LED memiliki cahaya yang lebih terang dibanding bohlam, tapi lebih hemat energi. Meski demikian, konsumen juga harus paham kelebihan dan kekurangan dari teknologi pencahayaan tersebut.
 
Mekanik sekaligus owner bengkel Bangbrand, Yosi menjelaskan lampu LED unggul di berbagai aspek. Mulai dari usia pemakaian yang panjang, tahan guncangan, wakturespon cepat, hemat energi, ramah lingkungan, serta menghasilkan pencahayaan dan sinar yang baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"LED merupakan lampu tanpa has dan filamen, saat ini sudah mencapai 150 lumens/watt. Lampu model ini sangat sedikit menghasilkan panas searah gelombang cahaya, namun suhu panasnya timbul di bagian belakang," ujar Lily di Bekasi, beberapa waktu lalu.
 
Lebih jauh dijelaskan LED merupakan komponen elektronik solid state, tahan guncangan, dan berdimensi sangat kecil. Efeknya lampu ini menjadi praktis untuk penempatannya. Uniknya lagi lampu LED bisa mencapai terang maksimal kurang dari satu detik.
 
Meski demikian, lampu jenis ini memiliki musuh utama yakni panas. Jika terjadi peningkatan panas suhu LED, akan berpengaruh kepada penurunan kinerja. Umumnya LED berfungsi jika suhu kurang dari 70 derajat celcius.
 
Untuk itu, ada hal mesti diperhatikan ketika memasang lampu LED motor retrofit. Retrofit adalah modifikasi lampu motor dengan menambahkan proyektor atau LED bar pada lampu utama motor.
 
Dilansir laman WahanaHonda, pemasangan retrofit ini memiliki tantangan tersendiri, yaitu keterbatasan ruang dan masalah kelistrikan. Jadi ada baiknya sebelum melakukan modifikasi lampu motor jadi LED, pahami dulu hal-hal berikut.
 
Keterbatasan ruang
Lampu LED memiliki ruang yang lebih kecil dibandingkan dengan bohlam biasa. Oleh karena itu, proses modifikasi ini tidak mudah dilakukan.
 
Masalah kelistrikan
Saat hendak memodifikasi lampu motor standar menjadi LED, harus mempertimbangkan sistem pengisian aki. Karena aki bisa cepat abis jika bebannya terlalu besar.
 
Pabrikan motor pun tidak merekomendasikan modifikasi lampu ini. Sebab bisa menghapuskan garansi dari pabrikan atau tidak akan berlaku lagi. LED. Perhatikanlah pengaturan titik cahaya dan risiko melelehnya mika.
 
Pengaturan titik cahaya
Leveling atau pengaturan titik cahaya bukanlah sekadar menaikkan ukuran watt. Pengaturan ini penting dilakukan, agar cahaya yang dihasilkan lampu, tidak membuat pengendara maupun pengguna jalan lainnya silau.
 
Setiap motor memiliki pengaturan titik cahaya tersendiri pada head lamp. Jadi, belum tentu pengaturan titik cahaya head lamp motor Anda, sama dengan motor milik orang lain. Pengaturan titik cahaya ini sebaiknya menyesuaikan dengan versi originalnya. Sebab, standar pabrikan tentu sudah mengikuti aturan baku yang berlaku.
 
Risiko melelehnya mika
Hindari mengganti lampu motor bawaan pabrikan, dengan lampu yang memiliki daya lebih besar. Lampu dengan daya berlebihan, berisiko menimbulkan panas dan akhirnya membuat mika (rumah lampu) serta reflektor meleleh.
 
Yang terpenting sebelum modifikasi lampu motor, pastikan sistem kelistrikan dalam kondisi prima dan aki dalam status yang sehat. Selamat moencoba!
 
(UDA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif