NEWSTICKER
Kondisi AC tak fit saat musim panas bikin tak nyaman berkendara. Medcom.id/Ekawan Raharja
Kondisi AC tak fit saat musim panas bikin tak nyaman berkendara. Medcom.id/Ekawan Raharja

Tips Knowledge

Trik Gampang Merawat AC Mobil Tetap Dingin Optimal

Otomotif tips mobil perawatan kendaraan tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 26 Maret 2020 13:21
Jakarta: Pengguna mobil pastinya lebih nyaman karena punya pendingin kabin alias AC yang bisa membuat udara lebih sejuk. Tapi apa jadinya jika tiba-tiba AC bermasalah dan hanya hembusan angin saja yang keluar? Ada beberapa penyebab, pertama yang perlu dicek adalah freon, kuras bila perlu maka biasanya AC akan kembali dingin.
 
Seringkali, AC yang bertugas mendinginkan, tidak menjalankan fungsinya dengan baik. AC bisa saja tidak membuat kita menjadi adem, namun justru memancing emosi karena terpaksa berjibaku dengan panas. Berikut tips ala Daihatsu agar AC mobil tetap dingin.
 
Jaga Kebersihan Interior Mobil
Cara yang paling mudah supaya AC tetap dingin adalah dengan merawat kebersihan interior mobil. Karpet, lantai, plafon, jok, dan kabin mobil haruslah bersih sebersih-bersihnya. Interior mobil yang kotor bisa menghambat kinerja filter AC. Filter AC jadi ikut-ikutan kotor sehingga tidak bisa mengeluarkan dingin sebagaimana yang Sahabat harapkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Restart
Dalam bidang komputer, restart dapat menjadi kunci untuk mereset ulang program. AC pun demikian, saat sedang menempuh perjalanan yang jauh, Andadisarankan untuk mematikan AC selama beberapa waktu. AC perlu juga waktu bernapas dan beristirahat supaya tidak terjadi pembekuan pada salurannya. Perlu diingat juga, jangan mematikan mobil sebelum mematikan AC. Sebaliknya, jangan menyalakan AC sebelum kamu menyalakan mobil.
 
Parkir dengan Bijaksana
Kalau parkir di tempat yang panas, jangan heran AC mobil bakalan ngambek. Terik matahari bisa memanaskan interior mobil dalam keadaan mati. AC jadi butuh waktu yang lumayan lama untuk mendinginkan mobil. Selain itu, beban pendinginan saat mobil sudah berjalan pun ikut bertambah.
 
Hindari Merokok di Mobil AC
Selain tidak baik untuk kesehatan, rokok pun dapat mrusak AC mobil. Evaporatir AC berpotensi kotor karena menempelnya asap serta nikotin rokok. Lalu, kabin mobil bisa-bisa menjadi tidak sedap.
 
Bersihkan Kondesnor AC
Rutin bersihkan kondensor AC. Buka kap mesin, dan carilah mesin yang bentuknya mirip radiator. Lalu, semprot kencang dengan air. Kondensor harus bersih dari kotoran dan debu supaya tidak karatan juga keropos.
 
Sama seperti komponen lainnya, AC pun perlu dibawa ke bengkel untuk dicek kesehatannya. Anda harus memastikan setiap komponen AC bekerja dengan baik, seperti kompresor, receiver dyer, kondensor, evaporator, ekstra fan kipas, sampai freon.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif