Biker wajib gunakan perlengkapan berkendara atau apparel yang bersertifikasi biar lebih aman. MBI
Biker wajib gunakan perlengkapan berkendara atau apparel yang bersertifikasi biar lebih aman. MBI

Tips Mengendarai Superbike dan Motor Trail Bagi Pemula

Otomotif safety driving safety riding road safety tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 16 Juli 2019 12:20
Jakarta: Ada berbagai macam tips dan trik aman mengendarai motor trail dan superbike bagi pemula agar tidak cedera. Ossy salah satu penggemar adventure bike berbagi tipsnya. Untuk pemula disarankan memulainya dengan motor ber-cc kecil terlebih dahulu.
 
Menurutnya, kalau langsung menggunakan motor ber-cc besar, dikhawatirkan pengendara belum mengenal karakter motor, dan tidak bisa mengantisipasi tungganggannya saat terjadi kecelakaan.
 
"Saat riding banyak faktor yang mempengaruhi keselamatan, salah satunya kecelakaan yang disebabkan kendaraan lain, yang tidak bisa dihindari dan berimbas kepada sepeda motor kita" kata Ossy dalam program otomotif di Metro TV, beberapa waktu lalu,

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tips Mengendarai Superbike dan Motor Trail Bagi Pemula
 
Penting menggunakan perlengkapan berkendara atau apparel yang bersertifikasi biar lebih aman. Contohnya memilih protector seperti jaket, dan celana yang bertuliskan CE Rated 1 dan 2. Termasuk sepatu riding.
 
"CE Rated 1 dan 2 menunjukan tingkat ketahanan protector tesebut pada saat impact atau benturan. Saat turing kita menghadapi medan yang berbeda, tentunya apparel diciptakan punya desain sesuai untuk kebutuhan yang beda-beda pula" tambahnya.
 
Kata Ossy, kecelakaan atau accident digolongkan menjadi dua, yakni impact dan abration. Jaket yang bagus lebih kepada abrasinya yaitu gesekan. Saat jatuh pengendara akan merasakan impact dulu, kemudian gesekan. Kalau kita menggunakan jaket dengan sertifikasi CE Rated 1, kemungkinan besar saat jatuh pengendara masih akan memar.
 
Tips Mengendarai Superbike dan Motor Trail Bagi Pemula
 
Sementara pengendara yang menggunakan jaket berkode CE Rated 2, kemungkinan besar bisa selamat dan tidak mengalami memar atau luka pada saat impact atau hantaman pertama.
 
Tapi ada hal yang harus diperhatikan, yakni abrasi pada saat pengndara jatuh dan berseluncur di aspal. Jaket yang kualitasnya kurang bagus biasanya akan hancur atau robek saat bergesekan dengan aspal. Kemudian helm, karena perannya sangat vital sebagai sebagai pelindung kepala, disarankan pilih yang ada sertifikasinya.
 
Terkahir adalah pastikan kondisi rem dan ban dalam kondisi yang prima sebelum turing. Saran Ossy, tak ada salahnya memasang CCTV di sepeda motor. Selain bisa untuk berbagi dengan pengalaman dengan teman, rekaman CCTV juga bisa sebagai bukti untuk melihat kejadian yang sebenarnya, kalau terjadi kecelakaan.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif