Menjaga keamanan dalam berkendara wajib bagi pengemudi agar penumpang merasa nyaman. AARP
Menjaga keamanan dalam berkendara wajib bagi pengemudi agar penumpang merasa nyaman. AARP

Salah Kaprah Nyaman Berkendara, Pengemudi Wajib Aman

Otomotif safety driving road safety tips knowledge
Ahmad Garuda • 12 Juli 2019 07:55
Jakarta: Seringkali kita mendengara pernyataan tentang kenyamanan pengemudi dalam berkendara. Ternyata itu bukan esensi utama dari seorang pengemudi di jalan raya.
 
Hal ini diungkapkan oleh Instruktur Safety Defensive Consulting Indonesia (SDCI), Sonny Susmana kepada Medcom.id beberapa waktu lalu. Ia menegaskan bahwa anggapan kita selama ini tentang kenyamanan pengemudi dalam berkendara itu salah.
 
"Kenyamanan itu membuat asumsi kita dalam hal berkendara, bisa membuat pengemudi terlena. Mungkin karena terlalu nyaman dan hingga akhirnya Ia merasa betah dan terkesan jadi terlena. Padahal tugas utama pengemudi adalah aman dalam berkendara," jelas Sonny.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia melanjutkan, pernyataan soal aman dan nyaman ini tidak bisa abu-abu, sehingga Ia dengan tegas mengatakan salah. Aman dan nyaman adalah dua hal berbeda dan dalam dunia safety driving keduanya butuh penegasan.
 
"Kalau dibilang nyaman berkendara itu kurang tepat, dalam dunia safety driving itu ditegaskan itu salah. Tidak boleh abu-abu dengan mengatakan itu kurang tepat. Nyaman berkendara itu hanya asumsi bagi penumpangnya yang dibawa oleh sang pengemudi. Tapi kalau pengemudi ya wajib aman."
 
Penegasan yang diberikan Sonny ini menunjukkan bahwa dalam hal menjaga keselamatan berkendara baik pengemudi maupun penumpangnya, perlu diberikan pernyataan seperti itu. Tujuannya jelas untuk memberikan penyamaan persepsi tentang pentingnya menjaga keselamatan berkendara di jalan raya.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif