Kecelakaan highside Marc Marquez di MotoGP Mandalika. Twitter/MotoGP
Kecelakaan highside Marc Marquez di MotoGP Mandalika. Twitter/MotoGP

Tips Otomotif

Mengenal Kecelakaan Highside, Bikin Marc Marquez Gagal Balapan

Ekawan Raharja • 22 Maret 2022 10:00
Mandalika: Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, gagal mengikuti balapan MotoGP Mandalika pada Minggu (20-3-2022). Pembalap asal Spanyol ini diketahui mengalami kecelakaan highside saat sesi warm up jelang balapan.
 
Nah kira-kira apakah Anda mengetahui arti kecelakaan highside yang dialami oleh Marc Marquez? Kecelakaan highside ini beresiko membuat pembalapnya cedera parah karena terpental dari motor dan menghantam permukaan dengan keras.
 
Kondisi ini dikarenakan pembalap kehilangan kendali pada roda belakang saat menikung. Hal ini bisa disebabkan oleh rem belakang yang terkunci atau ban yang kehilangan traksi saat berakselerasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemicunya bisa karena pengereman yang salah ataupun ban yang kehilangan daya cengkeram. Saat terjadi highside, roda belakang biasanya tidak akan tetap lurus sejalan dengan roda depan, melainkan berlawanan ke sisi yang lain. Kondisi ini yang kemudian membuat pengendara terpental dari motornya.
 
Marc Marquez mengalami kecelakaan highside di tikungan 7 setelah kehilangan kendarai motor. Dia terpental ke udara dan disusul oleh sepeda motornya.
 
Tim menyebutkan kondisi Marc Marquez baik-baik saja setelah mengalami kecelakaan tersebut. Sedangkan untuk sepeda motornya mengalami kondisi kerusakan cukup parah.
 
(ERA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif