Koil rusak bisa bikin mesin mobil mati mendadak. 2CarPros
Koil rusak bisa bikin mesin mobil mati mendadak. 2CarPros

Begini Tanda-Tanda Koil Mobil Rusak

Otomotif perawatan kendaraan tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 08 Juli 2019 13:59
Jakarta: Koil merupakan salah satu komponen penting di mobil sebagai sistem pengapian, yang berfungsi merubah tegangan rendah baterai 12 volt menjadi tegangan tinggi ribuan volt. Tujuannya agar dapat menghasilkan loncatan bunga api pada busi.
 
Menurut Toha mekanik yang praktek di salah satu bengkel mobil di bilangan Jakarta Timur, masalah yang akan Anda hadapi bila koil mengalami kerusakan adalah mesin mobil bisa mendadak mati dan sulit dinyalakan.
 
Biasanya mobil keluaran tahun lawas masih banyak menggunakan koil konvensional, yang terdiri dari beberapa komponen utama seperti kunci kontak, ignition coil, baterai, distributor, platina, kondensor dan busi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Begini Tanda-Tanda Koil Mobil Rusak
Contoh ragam bentuk koil mobil

 
Sementara mobil keluaran terbaru biasanya sudah menggunakan sistem pengapian langsung, yang pendistribusian arusnya diatur oleh ECU.
 
Biar tidak mogok dan bikin repot di jalan, ada baiknya Anda mengenali ciri atau gejala koil rusak. Seperti performa mesin yang menurun dan tersendat-sendat, malah sampai mengakibatkan mesin mati.
 
Ciri koil yang sudah mulai ngadat biasanya saat pagi hari atau parkir cukup lama mesin mobil susah dihidupkan. Koil yang sudah rusak juga menyebabkan pengapian bocor di pinggiran terminal koil, sehingga mesin akan mbrebet atau tersendat karena pengapian yang tidak sempurna, bahkan bikin konsumsi BBM menjadi lebih boros.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif