Rem mobil. Medcom.id/Ekawan Raharja
Rem mobil. Medcom.id/Ekawan Raharja

Rem Berdecit Bukan Berarti Kampas Rem Minta Ganti

Ekawan Raharja • 24 Februari 2025 10:26
Jakarta: Sering kali pengguna kendaraan bermotor baik untuk roda dua maupun roda empat kerap menemukan suara berdenyit yang bersumber dari bagian pengereman, sehingga memunculkan rasa khawatir berlebih pada saat kendaraan tersebut digunakan.
 
Bendix Principal Indonesia, Rachmat Dwinata, mengungkapkan pengendara yang menemukan kejadian tersebut tidak perlu terburu-buru untuk langsung mengganti komponen yang menempel di bagian pengereman seperti kampas dan juga piringan.
 
“Banyak faktor, mungkin kotor seperti tidak pernah dirawat secara berkala atau mungkin dari material bahannya terlalu keras jadi menimbulkan efek bunyi dan itu belum tentu harus diganti,” kata Rachmat Dwinata dikutip dari Antara.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pemilik kendaraan disarankan untuk rajin dalam melakukan pembersihan secara rutin setiap melakukan servis berkala. Dengan rajin melakukan perawatan, kinerja lebih optimal.
 
Baca Juga:
Ducati Boyong Model-model Ikonik di BCA Expo 2025

 
Meski begitu, dia menyarankan kepada para pemilik kendaraan untuk senantiasa memeriksakan kesehatan dari komponen rem ini setiap 30 sampai dengan 40 ribu km.
 
“Kalau ngomong normal tidak bisa jadi acuan, seperti cara pengendara, pengereman dan medan penggunaan juga dia rutin servis atau tidak, idealnya sih memang 30 sampai 40 ribu km,” ujar dia.
 
Pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025, Bendix mengenalkan produk kampas rem terbarunya yang dikhususkan untuk kendaraan elektrik karena diproduksi dengan material khusus. Kampas rem yang dirancang untuk kendaraan elektrik ini menggunakan material yang diklaim bereda dengan material kampas rem pada umumnya.
 
Kampas rem ini juga diklaim memiliki beberapa keunggulan seperti tahan panas hingga 380 derajat celsius dan juga sudah dilengkapi dengan teknologi Hybrid Fusion yang menggabungkan STEALTH Advanced Technology, Ceramic Technology, Blue Titanium Stripe, dan Fiber Impregnated Rubber Steel Shims.
 
Baca Juga:
Marc Marquez Ultah, Ducati Kasih Kado Panigale V2 S

 
"Material kampas rem mobil HEV/BEV menggunakan metalik, karena bobot kendaraan HEV/BEV cenderung lebih berat, sehingga membutuhkan daya pengereman lebih kuat yang didapatkan dari material metalik," tutup dia.
 
Hanya saja, pengguna kendaraan elektrik di Indonesia masih harus bersabar untuk menggunakan kampas rem ini. Hal itu dikarenakan, pihaknya belum menjual kampas rem tersebut di pasar Indonesia.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan