Perawatan Kendaraan

Jaga Performa, Pahami Waktu Tepat Tune-up Mesin Mobil

M. Bagus Rachmanto 07 Desember 2018 08:56 WIB
tips mobilperawatan kendaraantips knowledge
Jaga Performa, Pahami Waktu Tepat Tune-up Mesin Mobil
Tune up atau servis ringan sangat dianjurkan mencegah mobil mogok di jalan. Youtube
Jakarta: Merawat mobil kesayangan yang menemani aktifitas atau rutinitas Anda sehari-hari sangat dianjurkan. Terlebih dalam kesehariannya perjalanan Anda menghadapi kemacetan panjang.

Jangan sampai saat digunakan mesin mobil Anda mengalami panas sehingga mogok, atau ada komponen lainnya yang sudah aus atau habis masa pakainya sehingga harus diganti. Lalu apa saja yang harus dilakukan agar mesin mobil siap dipakai harian, atau siap untuk menempuh perjalanan jauh?.

Langkah ini merupakan standar yang umum dan mencakup beberapa pengecekan. Di antaranya penyetelan klep, pengecekan pengapian, cek filter udara, filter bensin, throttle body, pemeriksaan busi dan oli.



 

Service Tune-up Penting Jaga Performa

"Untuk standar mobil dalam kondisi normal, servis tune-up sudah cukup. Mungkin tambahan perbaikan pada penggantian spare parts yang sudah tidak layak atau kerusakan akibat usia pakai," kata Fahmi pemilik Bengkel Mobil Fahmi Jaya Motor kepada Medcom.id di Bekasi, beberapa waktu lalu.

Dengan melakukan tune up, tidak hanya bertujuan untuk mengembalikan kondisi mesin kembali prima, namun Anda lebih mengetahui kondisi mobil dan kelayakan, serta kesiapan kendaraan untuk digunakan harian atau operasional ke kantor.

"Jadwal tune up patokannya ketika kilometer mobil sudah mencapai lima ribu atau enam ribu kilometer. Itu batas minimalnya. Maksimalnya tiga bulan sekali," tutup Fahmi.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id