Jaga kebersihan kabin dan kesehatan selama mengemudi di musim pandemik covid-19. Auto2000
Jaga kebersihan kabin dan kesehatan selama mengemudi di musim pandemik covid-19. Auto2000

Tips Knowledge

Jaga Kebersihan dan Kesehatan saat Mengemudi di Musim Korona

Otomotif tips mobil tips knowledge tips otomotif
Ekawan Raharja • 10 April 2020 10:25
Jakarta: Wabah virus Corona (covid-19) telah membuat heboh seluruh aspek kehidupan, termasuk salah satunya yang tidak luput terdampak adalah dunia otomotif. Berkendara di kabin ber-AC bukan menjadi jaminan terbebas dari virus ini, dengan maraknya wabah virus korona tentu membuat masyarakat dituntut untuk lebih menjaga kebersihkan mengingat penyebaran virus Corona yang begitu cepat.
 
Tak hanya dituntut untuk menjaga kebersihan diri dan tempat tinggal tetapi kebersihan mobil yang dimiliki, terutama untuk masyarakat yang masih aktif bepergian menggunakan kendaraan pribadi dan masih melakukan aktivitas di area publik saat pandemik. Supaya tetap aman terlindung dari virus corona saat mengemudi mobil, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai tindakan preventif seperti dikutip dari dari Garda Oto:
 
1. Bersihkan Komponen Mobil yang Sering Disentuh
Ada sejumlah titik di mobil yang kiranya menjadi tempat favorit keberadaan virus, bagian mobil yang rentan akan virus ini adalah komponen mobil yang sering disentuh. Seperti setir mobil, tombol audio, tombol power window, handle pintu, dan sabuk pengaman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk itu pemilik mobil, harus rajin membersihkan komponen-komponen tersebut namun cara membersihkannya tidak boleh sembarangan. Contohnya ketika ingin membersihkan setir mobil, untuk setir berbahan kulit, sebaiknya gunakan alat pembersih khusus kulit atau jika tidak punya dapat menggunakan air yang sudah dicampur dengan sabun. Kemudian sikat perlahan dengan sikat gigi, setelah itu di lap bersih dengan kain microfiber.
 
Sementara untuk setir berbahan plastik atau vinyl tidak jauh berbeda cara membersihkannya, hanya berbeda pada campuran air dan sabun yang digunakan jangan terlalu kental, karena jika terlalu kental akan membuat permukaan setir menjadi lengket. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian lainnya seperti tuas-tuas wiper dan sein. Agar lebih maksimal, proses tersebut juga bisa diterapkan untuk tuas persneling, rem tangan, serta handle pintu.
 
2. Cuci Tangan Sebelum dan Sesudah Menyetir
Setelah mensterilkan komponen-komponen mobil yang sering disentuh. Menjaga kebersihan tangan sebelum dan sesudah menyetir merupakan hal yang wajib dilakukan untuk meminimalisir potensi terinfeksi virus corona, karena seperti yang kita ketahui tangan merupakan anggota tubuh yang paling rentan sebagai media perantara dalam perpindahan virus korona. Jangan lupa untuk tetap memakai masker apalagi saat kita sakit demam, pilek, dan batuk.
 
3. Membawa Hand Sanitizer
Selain itu, disarankan cuci tangan secara rutin sebelum memegang apapun yang ada di dalam mobil. Jika ada, dianjurkan untuk mencuci tangan minimal 20 detik menggunakan air mengalir, dan sabun. Agar lebih praktis dapat membawa cairan pembersih seperti hand sanitizer. Aplikasikan sebelum masuk dan keluar mobil supaya memudahkan dan tetap bisa dibawa keluar mobil, sediakan hand sanitizer dalam ukuran yang praktis untuk dibawa kemana-mana.
 
4. Dimulai dari Menjaga Kondisi Tubuh
Meski belum ada obatnya, virus Corona akan sulit menjangkit mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Oleh karena itu selalu jaga kondisi tubuh dengan istirahat cukup, makan makanan bergizi, minum multivitamin khususnya vitamin C yang membantu mempertahankan kekebalan tubuh, dan segera periksa ke dokter jika merasa kurang sehat, khususnya jika Anda memiliki gejala terjangkit virus Corona.
 
5. Hubungi Garda Siaga Jika Anda Mengalami Kesulitan
Tragedi mobil mogok mendadak di jalan tentunya akan menjadi sangat merepotkan untuk para pengendara dimanapun. Apalagi jika terjadi di tengah pandemi virus korona ini, jalanan sedang sepi dan akan otomatis akan sulit mendapatkan bantuan. Jika mobil mogok di jalan dan Anda pelanggan dari Asuransi mobil Garda Oto, tentu mogoknya mobil bukan lagi menjadi momok yang mengerikan karena layanan Garda Siaga akan selalu siap siaga selama 24 jam memberikan pertolongan pertama kepada mobil pelanggan kami yang bermasalah.
 
Nah jika sudah mengikuti semua tips yang dijabarkan di atas, alangkah lebih baik jika tetap mengikuti imbauan dari pemerintah untuk berkegiatan di rumah dan hanya keluar saat pada keadaan yang mendesak, sebagai wujud nyata kepedulian kita memutus mata rantai perkembangan virus korona.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif