Ganja berpengaruh terhadap kecelakaan fatal di jalan raya.
Ganja berpengaruh terhadap kecelakaan fatal di jalan raya.

Tips Knowledge

Ganja Berpengaruh Terhadap Kecelakaan Mobil di Jalan

Otomotif safety driving tips knowledge
Ekawan Raharja • 04 Februari 2020 07:52

Amerika Serikat: Kecelakaan di jalan diketahui memang bisa saja terjadi karena banyak sebabnya. Termasuk ketika mengemudi dengan tingkat kesadaran yang rendah, salah satunya di bawah pengaruh ganja.
 
Sebuah penelitian yang dilakukan AAA Foundation, mengeluarkan hasil penelitian mereka mengenai efek ganja terhadap para pengguna jalan. Efeknya jelas, tanaman ini berpengaruh terhadap jumlah kecelakaan di Negeri Paman Sam tersebut.
 
Menurut lembaga non profit keselamatan di jalan ini jumlah kecelakaan fatal yang melibatkan pengguna ganjir meningkat belakangan ini. Bahkan pengemudi yang terbukti positif terkena Tetrahydrocannabinol (THC), komponen utama yang memberi efek psikologis pada ganja, meningkat hingga dua kali lipat sejak 2012.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di Amerika Serikat, setidaknya 11 negara bagian telah melegalkan ganja. Studi ini memfokuskan secara ketat pada negara bagian Washington di mana ganja dilegalkan sejak akhir 2012.
 
Studi ini meninjau kecelakaan fatal di negara bagian itu selama 10 tahun, yang terdiri dari lima tahun sebelum legalisasi ganja dan lima tahun setelah legalisasi resmi. Studi menemukan sebuah peningkatan yang jelas pada pengemudi positif di bawah pengaruh THC.
 
Data dari mereka menunjukan, medio 2008-2012 (lima tahun sebelum legalisasi ganja), jumlah kecelakaan fatal yang melibatkan pengemudi dengan THC di Washington sekitar 8,8 persen. Angka ini kemudian meningkat menjadi 18 persen di rentan waktu 2013-2017.
 
"Sederhana untuk dilakukan, jika kamu menggunakan ganja maka jangan mengemudi. Jika kamu hendak mengemudi maka jangan gunakan ganja," ungkap Director of Traffic Safety Advocacy and Research AAA Foundation, Jake Nelson, dikutip dari situs resmi mereka.
 
Tentu jangan dibayangkan jika ganja dilegalkan di Indonesia. Tanpa ganja saja sudah banyak kecelakaan, apalagi dengan nantinya jika ganja diperbolehkan dan banyak pengguna yang tak sadar langsung berkendara begitu saja. Hmm, semoga saja tak terjadi.


 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif