Sebaiknya mobil tetap dipanaskan dengan cara diajak berjalan-jalan selama PSBB. Asuransi Astra
Sebaiknya mobil tetap dipanaskan dengan cara diajak berjalan-jalan selama PSBB. Asuransi Astra

Tips Knowledge

Ajak Jalan-Jalan untuk Panaskan Mobil Secara Optimal

Otomotif tips mobil tips otomotif siam
Ekawan Raharja • 11 Mei 2020 17:20
Jakarta: Selama masa pandemik virus korona dan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar(PSBB), banyak mobil yang terdiam di garasi karena tidak digunakan pemiliknya untuk bekerja. Meski demikian mobil tetap harus diperhatikan kondisinya, salah satunya dengan cara memanaskannya secara rutin.
 
Untuk memanaskan mobil pun tidak bisa sembarang atau sekadar menghidupkan mobil begitu saja. Manager Bengkel Fast, Satriawan Agung Prabowo, menjelaskan sebaiknya mobil dipanaskan dengan cara diajak dijalankan di sekitar rumah agar lebih maksimal.
 
"Kendaraan harus tetap dipanasi meski tidak dipakai. Lebih bagus diajak jalan, tidak cuma dipanasi 5-10 menit," ungkap pria yang akrab disapa Tumenggung Prabowo Senin (11/5/2020) di program Sambut Iftar Ala Medcom (SIAM).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada beberapa alasan kenapa mobil sebaiknya tetap dijalankan meski sebentar saja. Pertama ini menyangkut kondisi ban.
 
Mobil yang didiamkan dalam waktu lama akan membuat tekanan angin bertumpu di satu titik. Bisa dibiarkan dalam waktu lama maka akan membuat karet ban bermasalah.
 
Selain itu dengan menjalankan mobil juga memaksimalkan sirkulasi cairan-cairan di mobil. Termasuk oli mesin yang bisa masuk hingga ke berbagai celah-celah terkecil mobil.
 
"Saat dipanasi sambil berjalan, semua oli masuk ke celah mesin yang ada di kendaraan. Oli memiliki kerja sebagai pelumas, membersihkan, dan mendinginkan mesin mobil," sambungnya.
 
Pembaca bisa menyaksikan tayangan SIAM bersama dengan Tumenggung Prabowo untuk mendapatkan tips-tips seputar otomotif lainnya mengenai perawatan mobil selama PSBB. Pembaca setiap Medcom.id bisa menyaksikannya di YouTube dan situs Medcom.id pada Selasa (12/5) besok pukul 15.00 WIB.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif