Waspada membeli helm, perhatikan hal-hal berikut jika tak ingin tertipu penjual helm palsu. Domio
Waspada membeli helm, perhatikan hal-hal berikut jika tak ingin tertipu penjual helm palsu. Domio

Tips Membeli Helm

Pilah-Pilih Helm, Waspada Helm Palsu

Otomotif keselamatan berkendara safety driving
Ahmad Garuda • 27 Mei 2020 09:26
Jakarta: Standardisasi helm untuk pengendara, kini semakin tinggi. Sayangnya, kesadaran para bikers di Indonesia soal pelindung kepala ini, masih sangat kurang. Kalau pun mulai menggunakan helm, mayoritas masih memilih helm dengan harga alakadarnya, sekadar memiliki Standard Nasional Indonesia atau SNI.
 
Uniknya, sekarang sudah banyak juga produsen helm ternama nasional yang menjual helm varian murah dengan standard tinggi. MIsalnya produk helm dari JPX Helmet, NHK, RSV dan KYT. Semua produsen itu punya versi helm murah yang tak kalah bagusnya dari helm level menengah.
 
Dari Domio Sports mengatakan, jika Anda ingin menebus helm dengan harga murah, tentu butuh beberapa hal untuk memastikan helm tersebut bisa melindungi kepala Anda, bukan helm abal-abal atau palsu. Berikut beberapa kriterianya:


Harga Tidak Terlalu Murah

Harga murah adalah bagian yang tidak terpisahkan dari konsumen Indonesia. Meski demikian, jika harganya kelewatan murah, tentu patut dicuragai soal kualitasnya untuk melindungi kepala. Untuk standard harga minimum untuk helm dengan kualitas bagus, upayakan tidak membeli helm di bawah harga Rp100 ribu untuk harga reguler. Kecuali sedang ada diskon.


Hilndari Membeli Warung Helm Lapakan

Helm yang dijual di lapak-lapak pinggir jalan, memang tidak bisa digeneralisasi sebagai penjual helm tanpa kualitas bagus (palsu). Namun, sebaiknya jika ingin memastikan kualitasnya bagus, sebaiknyam membeli helm di toko helm yang terpercaya. Sehingga potensi untuk mendapatkan barang palsu tidaik terjadi.


Cek Laman Resmi Penyedia Helm

Jika di lokasi sekitar Anda berdomisili tidak terdapat toko helm besar, maka penting untuk melakukan pengecekan berulang melalui laman resmi merek helm yang Anda akan beli. Bukan sekadar memerikan harga, namun juga penting untuk memeriksa detail helm agar tidak tertipu. Misalnya penempatan stiker-stikernya, casing-nya, tali pengikat dan lain sebagainya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika semua item tersebut sudah dipastikan, maka silakan pilih helm sesuai dengan dana yang Anda alokasikan.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif