NEWSTICKER
Cek kondisi ban, wajib setelah perjalanan jauh. Dok Medcom
Cek kondisi ban, wajib setelah perjalanan jauh. Dok Medcom

Tips Knowledge

Kerusakan yang Kerap Muncul di Mobil yang Punya Jam Terbang Tinggi

Otomotif tips mobil perawatan kendaraan tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 26 Maret 2020 14:55
Jakarta: Kondisi kaki-kaki mobil terkadang jadi hal yang paling sering diabaikan saat melakukan servis di bengkel. Mumpung belum mengalami masalah dan menjelang musim mudik, ada baiknya Anda mulai melakukan pengecekan kondisi kaki-kaki kendaraan Anda.
 
Tentu hal ini tak bisa dianggap sepele, lantaran menunda pengecekan kendaraan yang bakal dibawa mudik, sama saja memasang perangkap untuk diri sendiri. Tentu kondisinya wajib presisi biar siap untuk menempuh perjalanan jauh.
 
Terlebih dalam kesehariannya mobil harus melewati jalan yang kurang baik, dan menghadapi kemacetan panjang selama berjam-jam. Bagian yang bekerjacukup keras adalah oli untuk melindungi mesin dan kaki-kaki.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apa saja sih masalah-masalah yang sering muncul pada mobil dibawa berkendara jarak jauh. Berikut ulasannya seperti dilansir laman Daihatsu berikut ini.
 
1. Ban
Hal pertama yang harus diperiksa kondisinya adalah ban. Mengapa? Perjalanan jarak jauh tentunya memaksa ban mobil bekerja lebih keras sehingga gesekan yang terjadi antara ban dengan aspal atau jalanan semakin lama.
 
Hal tersebut akan menyebabkan ban mobil mengalami penipisan karena gesekan tersebut. Oleh karenanya, setelah melakukan perjalanan jauh perlu mengecek kondisi ban, apakah masih layak dipakai atau sudah harus diganti. Daripada meledak saat di jalan, lebih baik diperiksa.
 
2. Kopling
Selanjutnya, hal yang harus diperiksa dan perhatikan usai melakukan kegiatan berkendara jarak jauh adalah kopling. Masalah yang satu ini tentunya diperuntukan kepada mobil yang bertransmisi manual.
 
Buat pengguna tiga pedal, masalah yang dialami pada mobil yang digunakan jarak jauh adalah pada bagian kopling. Tentunya kopling sangat bekerja keras saat berkendara jarak jauh, apalagi kalau jalan yang ditempuh macet dan menanjak. Oleh karena itu, kamu harus memeriksa bagian kopling setelah melakukan perjalanan jauh.
 
3. Shockbreaker
Hal terakhir yang harus diperiksa kembali setelah melakukan perjalan jarak jauh bersama mobil adalah bagian kaki-kaki seperti shockbreaker. Shockbreaker juga bisa dibilang adalah bagian yang bekerja ekstra untuk memberikan kenyamanan berkendara, apalagi di jalanan yang berlubang, bergelombang, atau tidak rata. Apabila sudah terasa kurang nyaman, kemungkinan shockbreaker sahabat mengalami kebocoran.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif