Teknik Berpindah Jalur yang Aman di Jalan Tol
Perhatikan kendaraan sekeliling sebelum berpindah jalur. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
Jakarta: Kepadatan dan kemacetan membuat pengemudi mobil sering berpindah jalur saat berkendara. Perlu diingat, hal tersebut merupakan tindakan yang membahayakan keselamatan serta mengganggu arus lalu lintas.

Jika memang harus berpindah jalur, lakukan dengan cara yang aman dan tanpa menganggu arus lalu lintas. Caranya seperti apa? Kapolsek Bekasi Selatan Bayu Pratama punya jawabannya.
 
"Amati spion untuk melihat apakah lalu lintas memungkinan Anda untuk mengubah jalur. Kemudian berikan isyarat (lampu sein) sesuai arah/tujuan Anda dan selalu amati titik buta (blind spot). Selain itu, sesekali menengok untuk memastikan kondisi," ujarnya.

Sikap seperti ini dikenal sebagai tindakan preventif dalam berkendara. Dalam kondisi apapun, Anda harus selalu double check ke kondisi sekitar.

"Sesuaikan kecepatan kendaraan dengan arus lalu lintas yang berdekatan dengan jalur Anda. Setelah berada di jalur yang dituju,  berjalan dengan kecepatan normal dan tidak lupa matikan lampu sein mobil Anda," tutup Bayu.


Kondisi seperti ini sangat dituntut kesadaran masayarakat dan sudah saatnya memahami dan mengetahui tentang berkendara yang aaman di tol. Meninggalkan kebiasaan lama harus segera dilakukan supaya tidak menimbulkan bahaya.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360