Tips Knowledge

Air dan Debu, Musuh Utama Laher Roda Motor

Ainto Harry Budiawan 15 Mei 2018 14:00 WIB
tips motor
Air dan Debu, Musuh Utama Laher Roda Motor
Laher pada roda rentan rusak karena air dan kotoran. Medcom/ A. Harry Budiawan
Jakarta: Laher roda punya tugas menjadi tumpuan as roda dan komponen kaki-kaki di sepeda motor Anda. Agar bisa bergerak dengan lancar. Jika laher alias bearing ini sudah afkir, stabilitas motor dan kenyamanan berkendara akan berkurang jauh.

Hal inilah yang didapati Anton Prasetyo, salah seorang pengguna Yamaha Nmax di roda depan motornya. "Dipakai jalan bunyi sreg-sreg dan ada guncangan yang terasa di setang, dipakai belok jadi seperti ban kempes," keluhnya.

Heri Prasetyawan dari bengkel Jaw's Speed menyebutkan laher roda bisa rusak biasanya disebabkan oleh usia pakai, cara berkendara dan kondisi jalan yang dilalui. Debu dan air juga bisa jadi penyebab rusaknya laher.

"Kerap menerobos banjir maka pelumas pada laher sedikit-sedikit hilang dan kering. Kotoran yang ikut masuk akan bercampur dengan karat dan menyebabkan laher roda rusak," jelasnya.


Gejalanya seperti yang dialami Anton tadi, cara mengeceknya angkat bagian depan motor sampai roda menggantung. "Kemudian goyangnya roda depan, jika ada gerakan seperti celah kosong, itu tandanya laher roda rusak," bebernya lagi.

Biaya untuk mengganti laher roda sendiri bervariasi, tapi tidak terlalu mahal. Misalnya laher roda Nmax tadi, harganya tak sampai Rp20 ribu di bengkel resmi dengan kode 6300, dan harus beli dua buah laher roda.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id