Jakarta: Hujan yang mengguyur sebagian wilayah Indonesia terkadang menyebabkan banjir. Tentunya hal ini mengganggu aktifitas masyarakat, karena banyak ruas jalan digenangi air. Bukan tak mungkin Anda salah satu yang menerobos banjir dengan sepeda motor kesayangan.
Motor yang usai melibas banjir sebaiknya diperiksa, walaupun tidak mogok. "Kalau tidak mogok, cek kaki-kaki, bearing roda dan as roda, bukan tak mungkin air akan membuat karat," buka Heri Prasetyawan dari bengkel Jaw's Speed.
Kemudian cek oli, apakah tercampur air atau tidak. "Tapi oli sebaiknya diganti untuk jaga-jaga. Oli yang tercampur air akan berwarna putih susu dan kemampuan melumasi sudah hilang," saran pebengkel di Jalan Juanda, Kota Depok ini.
Namun jika motor mogok usai libas banjir tak perlu panik. Langkah pertama Anda bisa mengecek tiga komponen yang harus diperiksa.
"Cek busi, cangkok busi dikeringkan saja sama karburator untuk motor non injeksi. Untuk motor injeksi hanay cek busi dan cangklong busi saja," paparnya.
Penambahan untuk motor jenis skutik, periksa komponen dalam CVT. Bersihkan dari air dan lumasi kembali, jika air berhasil menerobos masuk. Dan jika mesin sudah mati jangan dipaksa hidupkan, untuk mengantisipasi water hammer.
Jakarta: Hujan yang mengguyur sebagian wilayah Indonesia terkadang menyebabkan banjir. Tentunya hal ini mengganggu aktifitas masyarakat, karena banyak ruas jalan digenangi air. Bukan tak mungkin Anda salah satu yang menerobos banjir dengan sepeda motor kesayangan.
Motor yang usai melibas banjir sebaiknya diperiksa, walaupun tidak mogok. "Kalau tidak mogok, cek kaki-kaki, bearing roda dan as roda, bukan tak mungkin air akan membuat karat," buka Heri Prasetyawan dari bengkel Jaw's Speed.
Kemudian cek oli, apakah tercampur air atau tidak. "Tapi oli sebaiknya diganti untuk jaga-jaga. Oli yang tercampur air akan berwarna putih susu dan kemampuan melumasi sudah hilang," saran pebengkel di Jalan Juanda, Kota Depok ini.

Namun jika motor mogok usai libas banjir tak perlu panik. Langkah pertama Anda bisa mengecek tiga komponen yang harus diperiksa.
"Cek busi, cangkok busi dikeringkan saja sama karburator untuk motor non injeksi. Untuk motor injeksi hanay cek busi dan cangklong busi saja," paparnya.
Penambahan untuk motor jenis skutik, periksa komponen dalam CVT. Bersihkan dari air dan lumasi kembali, jika air berhasil menerobos masuk. Dan jika mesin sudah mati jangan dipaksa hidupkan, untuk mengantisipasi water hammer.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id(UDA)