Hindari berkendara di belakang truk bermutan. Doc Medcom.id
Hindari berkendara di belakang truk bermutan. Doc Medcom.id

Waspada Berkendara di Belakang Truk Bak Terbuka

Otomotif safety driving tips knowledge
Ekawan Raharja • 10 Desember 2019 11:52
Jakarta: Wawan mungkin tidak akan menyangka suatu malam di 2016 akan terasa menyakitkan. Bagaimana tidak, dia harus merasakan panasnya aspal dan nyawa yang berada di ujung tanduk ketika terjatuh dari sepeda motornya usai pulang kerja.
 
Kejadian ini berlangsung ketika Wawan sedang berkendara menggunakan Yamaha Xabre dari Kebon Jeruk Jakarta Barat Menuju Pondok Gede Bekasi melalui Jalan TB Simatupang Jakarta Selatan. Seusai melewati Cilandak Town Square (Citos), tetiba sebuah trash bag ukuran besar melayang dari dump truk pengangkut sampah di depannya.
 
"Sudah agak malah di atas jam 20.00 WIB, kemudian ada trash bag dari truk sampah di depan saya yang terbang dan tepat jatuh di depan motor saya. Alhasil jatuh dan lumayan luka lecet di tangan, kaki, dan badan. Untung waktu itu perlengkapan berkendaraan lengkap," tuturnya kepada Medcom.id.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain luka yang diterima, kecelakaan yang menimpa Wawan bisa dibilang menjadi kecelakaan beruntun karena beberapa sepeda motor di belakangnya pun ikut terjatuh. Untung tidak ada korban dengan luka serius di kejadian malam itu.
 
Waspada Berkendara di Belakang Truk Bak Terbuka
 
Nasib Wawan mungkin masih bisa dibilang lebih baik, karena di sosial media kini sedang ramai diperbincangkan mengenai kecelakaan mobil akibat kejatuhan ban cadangan truk pasir yang diletakan di atas muatan.
 
Sebuah mobil Lexus yang melaju di belakang truk pasir mengalami kecelakaan karena tertimpa ban cadangan truk di atas kaca depan dan atap. Alhasil pengendara pun tidak menduga kejadian tersebut dan tidak bisa mengendalikan mobilnya. Tak lama mobil menghantam pembatas jalan tol, dan disebutkan korban pun meninggal dunia setelah mendapatkan perawatan di rumah sakit.
 
Dari kedua kejadian ini, pengendara sepeda motor dan pengemudi mobil bisa lebih berhati-hati lagi jikalau diperjalanan berada di belakang truk muatan karena ada resiko barang bawaan terbang terkena angin. Selain itu berkendara di belakang truk pun tidak aman karena banyak resiko yang bisa terjadi, mulai dari kecelakaan beruntun hingga pandangan berkendara terbatas karena terhalang truk.
 

(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif