Oli bekas bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Wikipedia/Myke Waddy
Oli bekas bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Wikipedia/Myke Waddy

Tips Otomotif

Oli Bekas Bisa Dimanfaatkan untuk Beragam Kebutuhan

Otomotif tips otomotif
Ekawan Raharja • 31 Juli 2020 08:14
Jakarta: Banyak pemilik kendaraan, baik sepeda motor dan mobil, yang melakukan pergantian pelumas atau oli mesin sendiri di rumah. Tentu pergantian ini membuat tersedia oli bekas yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.
 
Coordinator of Product Development Specialist PT Pertamina Lubricants, Sinung Wikantoro, menjelaskan oli bekas bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari kebutuhan rumah tangga sampai skala besar banyak yang membutuhkan oli bekas.
 
"Bisa dimanfaatkan sebagai fungsi oli itu sendiri, buat melumasi rantai, pagar pintu, gergaji mesin, melumasi paku supaya tidak karatan. Banyak sekali aplikasi pelumasan yang bisa dimanfaatkan," ujar Sinung Wikantoro melalui Webinar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu untuk skala besar bisa didaur ulang untuk dijadikan oli lagi. Biasanya penggunaan oli daur ulang ini untuk kebutuhan industri yang membutuhkan sebagai bahan bakar dan berbagai kebutuhan lainnya.
 
"Nah ke mana setelah mereka ambil? Satu ada yang menjadi bahan bakar, karena untuk industri, ada sendiri pasarnya," katanya.
 
Untuk pengolahan oli bekas ini biasanya sudah ada pengepulnya dan bisa mengolah oli bekas yang ditunjuk oleh pemerintah. Mengingat berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 1999 tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), di mana pelumas bekas termasuk di dalamnya.
 
"Pertamina tidak bermain di situ karena kami punya sumber oil baru. Ada perusahaan lain yang bermain di situ," pungkas Sinung.
 

(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

1593070590673

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif