Suasana kemacetan mudik lebaran 2017 di Panturan. Medcom.id/Iswahyudi
Suasana kemacetan mudik lebaran 2017 di Panturan. Medcom.id/Iswahyudi

Safety Driving

3 Panduan Aman Mudik, Biar Aman & Menyenangkan

Otomotif Mudik Lebaran daihatsu tips mobil safety driving tips otomotif Mudik Lebaran 2022
Ekawan Raharja • 24 April 2022 11:00
Jakarta: Pemerintah secara resmi sudah mempersilakan kepada masyarakat untuk melakukan mudik menjelang lebaran Idulfitri 1443 H. Beragam cara dan sarana transportasi dapat dipilih untuk menuju kampung halaman, salah satunya dengan kendaraan pribadi alias mobil.
 
Biasanya perjalanan mudik berbeda dengan mobilitas hari-hari karena memiliki jarak tempuh yang jauh dan perjalanan yang lebih menantang. Oleh sebab itu, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, membagikan tips persiapan mudik yang dibagi menjadi 3 poin utama, mulai dari persiapan kendaraan, persiapan diri, dan persiapan selama berkendara.
  1. Persiapan Kendaraan, Pastikan kondisi prima dan telah melakukan servis rutin, sahabat juga dapat melakukan pengecekan beberapa komponen, seperti kondisi ban dan tekanan angin, fungsi lampu-lampu, AC, air radiator, minyak rem, hingga perlengkapan darurat seperti tool kit, dongkrak, ban cadangan, dan kotak P3K, termasuk susun muatan di dalam kabin  secara aman agar tidak menghalangi visibilitas pengemudi ketika berkendara.
  2. Persiapan Diri, Pastikan kesehatan fisik dan psikis dalam kondisi baik, t ketika berkendara dengan kondisi berpuasa dan menghadapi situasi perjalanan macet, cuaca panas, serta kondisi lainnya, serta jangan lupa membawa obat-obatan pribadi, kelengkapan surat kendaraan, serta uang tunai secukupnya.
  3. Gunakan fitur kendaraan Selama Perjalanan sesuai dengan peruntukkan, seperti sabuk pengaman, penggunaan rem secara bijak, selalu menjaga jarak aman. Dan beristirahatlah maksimal 3 jam setelah berkendara, serta patuhi peraturan dan rambu lalu lintas.

“Lewat sharing tips ini, kami berharap Sahabat Daihatsu dapat menikmati perjalanan mudik dengan lebih menyenangkan bersama keluarga. Keep safety driving, dan semoga selamat sampai tujuan dan bisa berkumpul kembali dengan keluarga”, ujar Sony saat live di Instagram daihatsuid.

 
(ERA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif