Pemprov DKI Jakarta memberlakukan sistem ganjil genap mulai Senin, 3 Agustus 2020. Sistem ini akan diberlakukan di 25 ruas jalan di DKI Jakarta, yang saat ini sudah memasuki masa PSBB Transisi tahap ketiga. ANTARA Foto/M Risyal Hidayat
Pemprov DKI Jakarta memberlakukan sistem ganjil genap mulai Senin, 3 Agustus 2020. Sistem ini akan diberlakukan di 25 ruas jalan di DKI Jakarta, yang saat ini sudah memasuki masa PSBB Transisi tahap ketiga. ANTARA Foto/M Risyal Hidayat

Safety Driving

Ganjil Genap Berlaku, Persiapkan Rute Perjalanan Anda

Otomotif safety driving
Ekawan Raharja • 03 Agustus 2020 14:17
Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah kembali memberlakukan peraturan Ganjil Genap di 25 ruas jalan per Senin (3/8/2020). Setelah sekian peraturan ini ditiadakan, masyarakat harus kembali mempersiapkan diri menghadapi peraturan ini dan merencanakan perjalanan dengan baik.
 
Training Director The Real Driving Centre, Marcell Kurniawan, menjelaskan pengemudi harus melakukan perencanaan perjalanan yang baik. Salah satunya dengan mempersiapkan jalur perjalanan dengan pelat mobil agar tidak salah jalan.
 
"Pastikan lakukan rencana perjalanan sebelum mengemudi sehingga tidak sampai salah jalan. Gunakan aplikasi peta yang memungkinkan kita memasukan plat nomor kendaraan kita, sehingga dapat dipilihkan jalan sesuai dengan jalur ganjil genap," ungkap Marcell Kurniawan Minggu (2/8/2020) kepada Medcom.id.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain soal rute, persiapkan juga waktu perjalanan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan supaya tidak terlambat sampai di tujuan. Khususnya bagi mobil dengan nomor polisi yang tidak sesuai dengan tanggalan hari H, sebaiknya melakukan perjalanan lebih awal.
 
"Kalau saya pakai aplikasi, jadi malamnya saya cek dahulu biar tahu berapa lama waktu tempuhnya. kemudian majukan 30-45 menit dari waktu berangkat yang disarankan disarankan," sambung Marcell.
 
Perlu diingat juga peraturan ganjil genap ini berlaku dari Senin-Jumat pada pukul 06.00-10.00 WIB untuk pagi dan 16.00-21.00 WIB untuk sore hari (Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional peraturan ditiadakan). Hanya kendaraan dengan pelat ganjil di tanggal ganjil yang bisa melintas di jalur tersebut, begitu juga dengan mobil pelat genap hanya bisa melintas di tanggal genap.
 
Peraturan ganjil genap ini berlaku di 25 ruas jalan yang berlokasi di sejumlah daerah administratif Jakarta. Ruas-ruas yang termasuk ke dalam pembatasan ini dimulai dari skema satu yang meliputi Jalan Pintu Besar Selatan, Jalan Gajah Mada, Jalan Hayam Wuruk, dan Jalan Majapahit.
 
Skema kedua meliputi Jalan Sisingamangaraja, Jalan Panglima Polim, dan Jalan Fatmawati (mulai simpang Jalan Ketimun 1 sampai simpang Jalan TB Simatupang). Skema ketiga, Jalan Suryopranoto, Jalan Balikpapan, Jalan Kyai Caringin dan Jalan Tomang Raya. Terakhir, Jalan Pramuka, Jalan Salemba Raya, Jalan Kramat Raya, Jalan Senen Raya, Jalan Gunung Sahari.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif