NEWSTICKER
Perawatan berkala fuel pump biar kondisi motor selalu prima. Wahana
Perawatan berkala fuel pump biar kondisi motor selalu prima. Wahana

Tips Knowledge

Tanda Pompa Bahan Bakar Sepeda Motor Lemah

Otomotif tips motor perawatan kendaraan tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 20 Januari 2020 07:54
Jakarta: Fuel pump di motor injeksi punya fungsi penting dan sangat vital. Karena fuel pump ini yang mendistribusikan bensin sesuai dengan porsinya ke injektor. Selain itu fuel pump juga berfungsi untuk menjaga tekanan dari bensin agar tetap tinggi.
 
Namun ada kalanya fuel pump ini melemah dan menyebabkan tekanan bensin menjadi lemah. Alhasil bensin tidak bisa terdistribusi secara maksimal, dam membuat pembakaran jadi tidak optimal sehingga mempengaruhi kinerja motor itu.
 
Untuk mencegah hal tersebut terjadi, ada baiknya kita mengenali gejala fuel pump motor yang lemah, sebelum nantinya mati total. Berikut tipsnya seperti dilansir WahanaHonda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Motor Susah Dinyalakan
Anda mesti curiga kalau motor injeksimu susah untuk dihidupkan. Sudah pasti ada yang salah jika motor susah untuk dinyalakan. Bisa jadi fuel pump tidak bekerja secara semestinya hingga kamu harus memencet electric starter berkali –kali.
 
Dalam kondisi normal, motor injeksi akan langsung nyala ketika electric starternya ditekan. Hal ini didukung oleh fuel pump yang memompa bensin secara otomatis saat kontak motor sudah dalam posisi ON. Jadi hampir bisa dipastikan ada yang tidak beres pada fuel pump saat motormu tidak bisa nyala dalam sekali pencet electric starter.
 
2. Suara Dengungan Fuel Pump Melemah
Seperti yang sudah dikatakan di atas, saat kontak motor ke posisi ON, fuel pump akan langsung memompa bensin secara otomatis. Saat itu pula akan terdengar dengungan dari fuel pump. Apabila dengungan itu terdengar lebih kecil daripada biasanya ada kemungkinan fuel pump sedang bermasalah dan mulai lemah.
 
3. Lampu Indikator Berkedip
Pertanda lainnya bisa dilihat dari kedipan pada check engine lamp. Umumnya kalau ada masalah yang terjadi check engine lamp akan berkedip. Kalau sudah begini tandanya fuel pump motor minta diservis.
 
Sayangnya kebanyakan fuel pump dijual satu paket (motor pompa, IC control, fuel level gauge dan saringan). Harganya lumayan mahal, bisa sampai Rp800 ribuan.
 
Fuel pump adalah salah satu part terpenting yang ada di motor injeksi. Oleh karenanya penting menjaga kondisinya selalu prima. Salah satu cara menjaga komponen ini lebih awet adalah dengan menjaga agar motor tidak kehabisan bensin.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif