Teknis Otomotif

Jangan Asal Cabut Aki, Salah-Salah Harus Reset ECU

M. Bagus Rachmanto 21 November 2018 09:06 WIB
tips motortips knowledge
Jangan Asal Cabut Aki, Salah-Salah Harus Reset ECU
Mobil yang sudah menggunakan ECU tak perlu cabut aki ketika mobil lama ditinggalkan. Metricmind
Jakarta: Kemajuan teknologi di industri otomotif membawa perubahan dalam berbagai hal. Di antaranya perubahan di mesin mobil yang menggunakan teknologi dan peralatan yang lebih canggih. Tentunya akan berpengaruh terhadap cara perawatan.

Salah satu contohnya adalah ketika sering kali pemilik mobil bepergian keluar kota dalam waktu lama dan meninggalkan mobilnya. Namun untuk mobil-mobil keluaran baru, disarankan untuk tidak mencabut akinya saat ditinggalkan.

Workshop Head PT Astra International Tbk-Isuzu Warung Buncit, Aedy Damhudy, menjelaskan bahwa karakteristik mobil sekarang dan mobil dulu berbeda. Mobil-mobil generasi sekarang sudah dilengkapi dengan sistem komputerisasi sehingga tidak perlu mencabut aki ketika mobil lama ditinggalkan.

"Kalau dicabut, aki mobil dengan teknologi komputerisasi dan kemudian memasangkannya lagi, Kemungkinan besar mobil tidak bisa dinyalakan. Perlu melakukan reset Electronic Control Unit (ECU) di mobil agar kembali menyala. Lantaran beberapa komponen di mobil tetap membutuhkan listrik meski kondisi mati," ujarnya saat berbincang dengan Medcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.


Dia juga menerangkan bahwa ada kemungkinan aki akan tekor saat ditinggalkan terlalu lama. Namun cara itu bisa dengan mudah. Yaitu dengan melakukan jumper aki, dan tidak perlu mereset ECU.

"Jika memang bepergian dalam waktu lama tidak membawa mobil, sebaiknya dititipkan ke kerabat atau saudara. Jika memang terpaksa ditinggal di rumah dan tidak ada yang bisa dititipi, jangan cabut akinya," pungkasnya.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id