Inspeksi mobil bekas sebelum melakukan pembelian, sangat penting untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas. medcom.id/Ahmad Garuda
Inspeksi mobil bekas sebelum melakukan pembelian, sangat penting untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas. medcom.id/Ahmad Garuda

Pastikan Cek Item ini, agar Dapat Mobkas Berkualitas

Otomotif mobil bekas tips knowledge
Ahmad Garuda • 23 Januari 2019 08:12
Jakarta: Anda sedang mencari mobil bekas? Selain mencarinya lewat platform digital, biasanya kalau sudah dapat barang yang dicari, melakukan inspeksi adalah tahap lanjutan yang biasa dilakukan. Dalam proses inspeksi ini pun, biasanya lebih mudah dengan memanfaatkan fitur inspektor yang bisa disewa.
 
Namun hal yang harus Anda pastikan adalah pastikan inspektor kendaraan yang akan Anda pinang itu, adalah inspektor yang punya pengalaman, serta kinerja bagus. Termasuk dengan melihat item yang akan mereka cek atau periksa untuk dibuatkan laporannya.
 
"Setelah tahu kendaraan yang ingin kita beli dan unitnya dapat di platform online, hal selanjutnya adalah memeriksa kondisi mobil secara detail. Hal inilah yang membuat kami menyiapkan inspektor yang bisa disewa untuk menginspeksi kendaraan yang ingin kita beli. Tapi pastikan juga Anda mendapatkan laporan dari inspektor dengan ragam titik pemeriksaan yang akurat." ungkap CEO OtoSpector, Jeffrey Andika kepada medcom.id.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pastikan Cek Item ini, agar Dapat Mobkas Berkualitas
 
Penjelasan Jeffrey ini dikuatkan juga oleh Sukendi, sang mekanik di OtoSpector. Ia menegaskan bahwa pengecekan dilakukan secara menyeluruh hingga mencapai 150 unit item mereka cek. Pengecekan ini tidak akan sampai berhari-hari. Mereka menjamin proses pengecekan hanya akan dilakukan paling lama dalam 24 jam saja.
 
"Jelas, pengecekan yang kami lakukan berdasarkan guidance pengecekan standar untuk mobil bekas. Tapi umumnya paketnya sudah ada dan dibagi berdasarkan tenaga dan pemikiran yang dikeluarkan oleh sang inspektorat," timpal Direktur Marketing & CTx OLX Indonesia, Agung Iskandar.
 
Beberapa hal yang harus Anda pastikan dalam proses pemeriksaan unit mobil di antaranya berikut ini:
-Diagnosa komputer (OBD Scan)
-Cek kondisi mesin
-Kondisi dan volume oli
-Sistem kemudi, transmisi dan rem
-Pengecekan suspensi dan kaki-kaki
-Kondisi interior
-Pengecekan fitur dan elektronik
-Kondisi eksterior
-Orisinalitas cat bodi
-Indikasi tabrakan besar
-Test drive
-Cek kelengkapan surat-surat
-Verifikasi fisik mobil dengan dokumen
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif