Jangan abaikan cairan di dalam tubuh selama perjalanan. Medcom.id/Ekawan Raharja
Jangan abaikan cairan di dalam tubuh selama perjalanan. Medcom.id/Ekawan Raharja

Waspada Efek Dehidrasi saat Berkendara

Otomotif tips knowledge tips kesehatan
Ekawan Raharja • 04 Januari 2019 12:21
Jakarta: Mengemudi merupakan kegiatan yang kini lazim dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Meskipun duduk di dalam kabin yang sejuk dan tidak banyak melakukan pergerakan, baik penumpang dan pengemudi tetap harus menjaga tubuh dari dehidrasi.

Dokter Magang RSU Kabupaten Tangerang, Putri Reno, menjelaskan meski tubuh tidak banyak melakukan pergerakan, tetapu metabolisme di tubuh selalu terjadi. Termasuk saat mengemudi, tubuh tetap menjalankan metabolisme untuk mempertahankan kondisi suhu tubuh dan organ organ menjalankan fungsi normalnya.

"Saat di kabin ber-AC, membuat udara lebih kering dan dingin. Tubuh tetap bekerja untuk metabolisme menjaga panas tubuh, hasil metabolisme pun dikerluarkan dalan bentuk keringat dan air seni. Namun AC membuat kulit kita tertutup pori-porinya, sehingga cairan keluar lebih banyak keluar melalui air seni daripada keringat," tulisnya melalui pesan singkat kepada Medcom.id.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Dia juga menjelaskan kita tubuh mengalami dehidrasi, efeknya akan terasa langsung di badan. Mulai dari terlihat kelelahan, tidak fokus, bibir kering, tenggorokan kering, kulit kering, hingga warna air seni menjadi lebih pekat.

"Cara mengecek dehidrasi hisa dilihat dengan cara menggoreskan kulit tangan dengan kuku, jika terdapat garis putih maka itu tanda dehidrasi kulit. Atau kita bisa mengamati warna air seni yang dikeluarkan."

Putri juga mengingatkan kepada pengemudi, dan juga siapapun, untuk menjaga cairan dengan cara minimal dua liter per hari. Air putih tetap menjadi cairan terbaik untuk mengganti cairan tubuh yang hilang karena sama dengan cairan di tubuh.

"Oleh karena itu selalu membawa air minum ketika perjalanan jauh, beristirahat ketika lelah ataupun ketika ingin ke kamar mandi," tutup Putri.


(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi