Jika sapuan wiper masih bersih dan tidak ada suara, maka kondisinya masih baik. Bosch
Jika sapuan wiper masih bersih dan tidak ada suara, maka kondisinya masih baik. Bosch

Tips Knowledge

Waktu yang Tepat untuk Mengganti Wiper

Otomotif tips mobil komponen otomotif tips knowledge tips otomotif bosch
Ekawan Raharja • 15 Mei 2020 15:32
Jakarta: Wiper merupakan komponen penting untuk menjaga visibilitas pengemudi, khususnya di tengah hujan. Komponen ini yang bisa digunakan setiap saat membuat pemilik mobil harus menjaga kondisi wiper agar tetap maksimal digunakan saat dibutuhkan.
 
National Sales Manager Bosch Automotive Aftermarket Division Bosch di Indonesia, Agung Sinulingga, menjelaskan untuk beberapa daerah di Indonesia sekarang ini masih di dera hujan dengan intensitas yang beragam. Sehingga pemilik mobil wajib memperhatikan kondisi wiper agar bisa digunakan setiap saat di kala hujan.
 
"Kalau wiper kita tidak siap, wiper bisa bermasalah, itu bisa menjadi sangat berbahaya karena visibilitas terganggu. Ketika visibilitas terganggu itu sangat berbahaya untuk keselamatan," ungkap Agung Kamis (14/5/2020) melalui webinar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nah lantas kapan waktunya menggangi wiper? Hal ini bisa dilihat dengan mudah ketika hujan dan wiper berfungsi menyeka kaca mobil.
 
Waktu yang Tepat untuk Mengganti Wiper
 
Jika sapuan wiper masih bersih dan tidak ada suara, maka kondisinya masih baik. Kemudian apa bila ada garis karena sapuan air kurang sempurna maka pertanda wiper sudah mulai rusak dan segera diganti. Sedangkan bila wiper tidak bersih membersihkan air di kaca dan terdengar suara gesekan kencang pertanda wiper sudah rusak.
 
Bosch sebagai produsen komponen otomotif asal Jerman juga menyediakan berbagai jenis macam wiper, dan salah satunya adalah Aerotwin Plus Wiper Blade. Varian ini merupakan produk tertinggi dari wiper yang dipasarkan di Indonesia.
 
Keunggulan yang ditawarkan adalah penggunaan karet wiper yang lebih jernih serta senyap. Aerotwin Plus Wiper Blade juga dilengkapi 4 adapters yang cocok dengan lebih dari 90 persen mobil Eropa di pasaran. Teknologi Power Protection Plus untuk lapisan karet wiper sehingga lebih tahan lama.
 
Agung menjelaskan untuk Aerotwin Plus Wiper Blade ini sudah bisa didapatkan di berbagai toko aksesoris atau komponen otomotif. Namun di tengah kondisi pandemik virus korona ini, konsumen juga bisa membelinya melalui beberapa e-commerce yang ada.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif