Pilih helm yang menggunakan bahan atau material sesuai dengan standar SNI. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
Pilih helm yang menggunakan bahan atau material sesuai dengan standar SNI. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto

Alasan Beli Helm Harus Sesuai Standar SNI

Otomotif tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 12 Juli 2019 11:55
Jakarta: Helm merupakan perlengkapan wajib bagi para pengendara sepeda motor. Benda yang satu ini memang dirancang untuk melindungi kepala agar aman saat terjadinya kecelakaan dalam berkendara. Tentu sangat vital untuk memilih helm yang tepat di kepala, agar nyaman digunakan selama berkendara.
 
Menurut Executive Director RSV Helmet, Richard Ryan memilih helm wajib dicoba. Jangan sampai helm yang Anda coba bikin pusing. Jangan sampai hal tersebut menganggu kenyamanan Anda ketika berkendara.
 
"Bedakan antara Sakit dan pusing beda. Kalau helm baru ketika dicoba biasanya sakit, karena biasanya masih penyesuaian dengan bentuk kepala. Tapi kalau pusing helm tidak nyaman di kepala," kata Richard kepada Medcom.id di Bekasi, beberapa waktu lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian masalah ringan dan beratnya, dengan standar SNI atau DOT helm yang bagus tidak lebih berat dari 1,48 kilogram. "Saya berani jamin, helm direntang harga Rp1 jutaan, beratnya tidak akan lebh dari 1,48 kg. Biasanya orang awam akan tanya ringan dianggap murah apalagi lentur," sambung Richard.
 
Padahal helmmnya itu pengertiannya tidak harus keras, yang penting safety-nya untuk pengguna bisa dijamin. Kata Richard, memilih helm yang bagus adalah yang menggunakan bahan atau material yang sesuai standar SNI atau DOT yang telah teruji keamanannya. "Cari helm yang standar SNI yang diembos, bukan stiker, biasanya itu yang asli. Karena pengetesan helm itu bukan pada brandnya tapi pada mesin moldingnya, pertipe," pungkas Richard.
Alasan Beli Helm Harus Sesuai Standar SNI
Sementara itu ditemui di kesempatan berbeda, Brand Technical Support Cargloss Proriders, Irwan mengatakan pilih helm yang memiliki cangkang keras. Dengan begitu, cangkang bisa berfungsi untuk melindungi kepada saat menghantam benda keras.
 
"Banyak yang salah kaprah soal helm. Demi faktor keselamatan harus mencari helm yang lentur. Memang harus dicari yang lentur dan lembut di bagian busa. Tapi untuk cangkang. Tetap pilih yang keras," ujar Irwan.
 
Irwan menyarankan agar memeriksa cangkang helm sebelum membeli. Cara memeriksa bisa dilakukan dengan menekan kedua sisi lubang di bagian kepala sekuat tenaga. "Kalau cangkang bagus dan keras, lubang untuk kepala ini tidak akan berubah. Kalau yang tidak bagus, lubang kepala di helm akan berubah saat ditekan."
 
Nah, sudah tahu kan cara memeriksa helm. Jadi pastikan dulu sebelum membeli helm. Pastikan helm yang akan Anda beli memiliki kualitas yang bagus.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif