Tips Knowledge

CVT Bergetar Efek Kampas Ganda KW di Motor Matic

M. Bagus Rachmanto 22 September 2018 14:00 WIB
tips knowledge
CVT Bergetar Efek Kampas Ganda KW di Motor Matic
Waspadai penyebab CVT motor matic getar. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
Jakarta: Pemilik motor matic sebaiknya memperlakukan dan merawat tunggangan kesayangan secara ekstra. Keharusan itu dilatarbelakangi keberadaan komponen continously variable transmission (CVT). Alat penggerak otomatis tersebut membuat perawatan motor matic berbeda dan butuh perhatian khusus dibanding motor bebek.

Penggunaan komponen yang tidak sesuai dengan standar pabrikan atau KW di komponen CVT bisa berpengaruh terhadap performa berkendara.
 
Hendra, mekanik bengkel motor Aren Jaya Motor di bilangan Bekasi Timur, punya cara menangani motor matic yang menggunakan kampas ganda kualitas KW.

Contoh kampas ganda KW

Menurutnya, motor matic yang menggunakan kampas ganda kualitas buruk atau KW membuat CVT bergetar dan tenaga jadi berkurang. Baik akselerasi bawah maupun atas.


"Ketika kampas ganda sudah aus, akselerasi motor akan melambat dan kecepatan menjadi berkurang dari kondisi normal. Ganti dengan yang kualitas bagus, dengan begitu tidak membuat kerja dua kali. Sebab hasilnya pasti tidak maksimal kalau menggunakan yang KW," beber Hendra.

Kampas ganda Yamaha Mio Sporty, Soul dan Honda Beat punya kesamaan dari bentuk dan ukuran. Sehingga tidak masalah jika menggunakan salah satu merek tersebut. Barang orisinil dijual di kisaran harga Rp170 ribu-Rp185 ribu.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id