Ragam fungsi spoiler yang terpasang di mobil. Suzuki
Ragam fungsi spoiler yang terpasang di mobil. Suzuki

Tips Knowledge

4 Fungsi Spoiler Mobil

Otomotif tips mobil tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 31 Juli 2020 15:33
Jakarta: Banyak orang yang menggunakan mobil untuk transportasi sehari-hari. Namun, ada salah satu bagian dari mobil yang fungsinya belum banyak diketahui oleh masyarakat, yaitu spoiler mobil.
 
Seperti ditulis laman Suzuki, spoiler merupakan salah satu komponen mobil yang memiliki beberapa fungsi. Setiap orang biasanya berpikir bahwa spoiler mobil hanya sebagai aksesoris yang digunakan untuk mempercantik tampilan. Namun, ternyata spoiler ini memiliki berbagai fungsi pada kendaraan tersebut.
 
Fungsi Spoiler Mobil
Sebagaimana disebutkan bahwa fungsi komponen yang satu ini bukan hanya sebagai penambah estetika saja. Berikut beberapa fungsi spoiler mobil yang perlu diketahui.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menambah Tekanan Bawah
Spoiler pada mobil berfungsi untuk menambah tekanan bawah atau yang biasanya disebut dengan downforce. Saat sebuah mobil dikendarai dengan kecepatan tinggi, maka pada mobil akan timbul gaya angkat yang kurang maksimal.
 
Gaya angkat yang ditimbulkan saat melaju dalam kecepatan tinggi akan membuat mobil terasa melayang dan kurang stabil. Dalam hal ini spoiler mampu menjadi kontrol atau pengendali mobil tersebut.
 
Membantu Pengendalian Mobil
Dalam pemasangan spoiler mobil akan menimbulkan efek aerodinamis yang dapat membuat pengendalian semakin meningkat, sehingga pertahanan roda akan lebih kuat. Pengendalian ini juga bertujuan agar mobil tetap terkontrol dan stabil saat melaju dengan cepat.
 
Menangkis Kotoran dan Debu
Spoiler pada mobil hatchback berfungsi untuk menangkis kotoran berupa debu maupun air hujan pada bagian kaca belakang. Menempelnya debu atau kotoran pada bagian kaca mobil pastinya akan mengganggu performa atau tampilan mobil.
 
Apabila mobil Anda tidak memiliki spoiler yang berfungsi sebagai penangkis kotoran pada kaca, maka menjaga kebersihan pada mobil harus dilakukan secara teratur. Hal ini untuk menjaga penampilan mobil tetap bersih dan mengkilap meskipun sering digunakan di jalan raya
 

(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

1593070590673

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif