Lepas bekas lem stiker di kaca mobil, gunakan cairan khusus. Yelp
Lepas bekas lem stiker di kaca mobil, gunakan cairan khusus. Yelp

Cara Gampang Membersihkan Sisa Lem Stiker di Kaca Mobil

Otomotif perawatan kendaraan tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 06 Januari 2020 14:58
Jakarta: Menempelkan stiker di kaca mobil, memang bisa menyegarkan tampilan dan ubah
penampilan kendaraan. Namun bagaimana jika Anda sudah bosan dengan stiker tersebut dan ingin melepasnya?
 
Salah seorang pemilik bengkel di Serang, Banten, yaitu Angga menjelaskan salah satu masalah yang hadir saat melepas stiker, adalah lem yang nempel pada kaca.
 
"Biasanya kalau melepas stiker yang sudah berbulan-bulan terpasang, ada lem bekas stiker yang melekat di kaca atau bodi kendaraan. Hal seperti itu tentunya akan sangat mengganggu pemandangan," jelas Angga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat dikonfirmasikan, dia menyarankan untuk segera membersihkan dengan obat pembersih jamur kaca. Berdasarkan pengalamannya, obat pembersih jamur kaca dapat mengangkat sisa-sisa lem stiker yang melekat pada kaca mobil.
 
Namun hati-hati saat menggunakan obat pembersih jamur kaca. Dia menyarankan untuk menggunakan obat pembersih jamur kaca di malam hari.
 
"Kalau ingin membersihkan sendiri, dikerjakannya saat malam hari. Cuaca malam sudah lebih dingin dan atap garasi tidak panas. Kalau digunakan siang hari dan kondisi panas bisa menyebabkan kaca retak," jelas pria yang kini mengkoleksi tiga unit Volkswagen Combi.
 
Selain itu, Angga juga berbagi tips menghilangkan jamur yang menempel di kaca mobil, yang jadi penyebab penglihatan pengemudi kurang jelas. Terlebih di kondisi cuaca yang tak menentu merupakan salah satu faktor yang menyebabkan jamu kaca mobil muncul di kaca mobil.
 
Pada dasarnya penting untuk merawat dengan benar kaca yang sudah bersih, agar noda dan jamur tak kembali. "Memang hal yang paling mudah dan tidak perlu repot membersihkan jamur di kaca mobil adalah menggunakan pasta gigi."
 
Tapi perlu diingat, cara ini digunakan hanya untuk jamur yang masih terbilang tipis. Untuk jamur yang sudah tebal tidak bisa dan harus menggunakan obat jamur atau bawa ke salon mobil.
 
Lebih lanjut Angga membeberkan, penyebab utama jamur datang lagi yaitu kualitas air yang buruk dipakai untuk mencuci mobil. Seperti penggunaan air tanah yang mengandung minyak berlebihan akan berdampak buruk terhadap kaca. Ditambah lagi cara atau teknik membersihkan yang tidak tepat.
 
Hati-Hati jika Anda memutuskan membersihkan kaca menggunakan bahan kimia, pastikan bahan yang digunakan tidak mengandung cairan kimia yang terlalu keras memang terlihat efektif, tapi justru bisa merusak lapisan kaca.
 

(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif