Jakarta: Perbedaan antara sepeda motor gigi manual dan matic tidak hanya dari cara mengoperasikannya saja. Dalam hal perawatan, motor matic dengan sepeda motor dengan gigi manual juga memiliki perbedaan, khususnya penggunaan oli mesin.
Oli untuk motor matic dikenal dengan sebutan automatic transmission fluid (ATF). Oli tersebut berfungsi sebagai pelumas mesin serta bertugas sebagai penghantar dalam mekanisme perpindahan gigi transmisi.
"Perbedaan oli motor transmisi matic dan manual tidak hanya dilihat dari kekentalan. Tapi secara fungsi juga sangat berbeda," kata Yosi pemilik bengkel sepeda motor Bengbrand, kepada Medcom.id di Bekasi, beberapa waktu lalu.
Lebih lanjut Ia menjelaskan, oli untuk motor manual hanya melumasi mesin. Sedangkan oli untuk motor matic berfungsi untuk melumas mesin perpindahan gigi transmisi.
Pembeda lain bisa dilihat dari kode Japanese Automotive Standar Association (JASO). Di motor matic ditandai dengani kode JASO MB yang menunjukkan adanya kandungan molybdenium atau zat aditiv 'friction modifier' untuk menambah tingkat pelumasan oli sehingga dapat meningkatkan performa motor matic.
Sedangkan untuk motor manual ditandai dengan kode JASO MA, yang memiliki kandungan zat aditiv senyawa dengan kampas kopling. Hal itu dimaksudkan agar kopling tidak mudah selip dan meningkatkan daya gesekan di kopling.
Jakarta: Perbedaan antara sepeda motor gigi manual dan matic tidak hanya dari cara mengoperasikannya saja. Dalam hal perawatan, motor matic dengan sepeda motor dengan gigi manual juga memiliki perbedaan, khususnya penggunaan oli mesin.
Oli untuk motor matic dikenal dengan sebutan automatic transmission fluid (ATF). Oli tersebut berfungsi sebagai pelumas mesin serta bertugas sebagai penghantar dalam mekanisme perpindahan gigi transmisi.
"Perbedaan oli motor transmisi matic dan manual tidak hanya dilihat dari kekentalan. Tapi secara fungsi juga sangat berbeda," kata Yosi pemilik bengkel sepeda motor Bengbrand, kepada Medcom.id di Bekasi, beberapa waktu lalu.
Lebih lanjut Ia menjelaskan, oli untuk motor manual hanya melumasi mesin. Sedangkan oli untuk motor matic berfungsi untuk melumas mesin perpindahan gigi transmisi.
Pembeda lain bisa dilihat dari kode Japanese Automotive Standar Association (JASO). Di motor matic ditandai dengani kode JASO MB yang menunjukkan adanya kandungan molybdenium atau zat aditiv 'friction modifier' untuk menambah tingkat pelumasan oli sehingga dapat meningkatkan performa motor matic.
Sedangkan untuk motor manual ditandai dengan kode JASO MA, yang memiliki kandungan zat aditiv senyawa dengan kampas kopling. Hal itu dimaksudkan agar kopling tidak mudah selip dan meningkatkan daya gesekan di kopling.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)