Perawatan rutin jok mobil bikin lebih awet. Suzuki
Perawatan rutin jok mobil bikin lebih awet. Suzuki

Perawatan Kendaraan

Cara Mudah Membersihkan Jok Mobil Bahan Fabric

Otomotif tips mobil perawatan kendaraan tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 26 Januari 2020 15:30
Jakarta: Libur akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk memanjakan mobil kesayangan. Salah satunya dengan melakukan perawatan berkala bagian interior, seperti membersihkan jok mobil.
 
Jok bahan fabric sampai saat masih banyak digunakan pada sebagian besar produk mobil di pasaran, khususnya untuk mobil di segmen menengah. Bahan ini memang nyaman, tapi karena memiliki sifat yang mudah menyerap, jok mobil berbahan fabric lebih rentan terlihat kotor karena jika terkena kotoran atau noda akan menyerap dan jika dibiarkan akan sangat sulit untuk dibersihkan.
 
Solusi terbaiknya adalah jika terkena noda harus segera dibersihkan. Tapi ingat, untuk membersihkannya ternyata tidak bisa dilakukan dengan secara asal-asalan. Bagaimana cara membersihkan yang tepat? Berikut tipsnya seperti dilansir laman resmi Suzuki.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk membersihkan noda pada jok fabric, sangat disarankan untuk menggunakan cairan khusus pembersih jok mobil dengan cara cukup dilap atau disikat dengan sikat halus secara perlahan dan jangan digosok dengan keras, karena bahan fabric adalah bahan kain, dimana terdapat struktur serat atau jahitan anyaman yang saling mengikat.
 
Cairan pembersih khusus jok mobil mengandung senyawa kimia yang cenderung korosif untuk mengangkat kotoran yang menyerap di dalam serat kain fabric. Cairan ini berpotensi mengikis atau melemahkan struktur serat anyaman bahan fabric, dan sangat rontok jika digosok terlalu keras. Kalau ada satu bagian serat anyaman yang sudah putus atau rontok, besar kemungkinan kerusakan akan menyebar karena jahitannya sudah dalam kondisi tidak menyatu lagi.
 
Semenetara untuk memebersihkan jok kulit asli atau semi kulit berbahan kulit sintetis, cukup dibasuh dengan lap chamois atau lap basah untuk membersihkannya. Namun tidak demikian dengan pelapis jok dari kulit asli yang diharuskan menggunakan obat kbusus untuk membantu menjaga kelembapan kulit dan membuat kulit lebih lentur.
 
Untuk membersihkan interior mobil seperti plafon cukup menggunakan lap yang sudah dibasahi dengan air. Apabila ada noda yang membandel sebaiknya menambahkan sabun cuci khusus. Usahakan lap jangan terlalu basah, karena akan membuat langit-langit mobil menjadi lembab dan menimbulkan bau tak sedap.
 
Langkah terakhir adalah menyeka dengan lap kering, ini dilakukan untuk menyerap sisa-sisa air dan kotoran yang masih menempel di bagian plafon.
 
Penting untuk membersihkan mobil setelah digunakan selama seharian. Terlebih setelah mobil Anda digunakan untuk perjalananan jauh. Selamat mencoba.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif