Perhatikan kondisi sepeda motor dan barang bawaan saat mudik. Dok. MI
Perhatikan kondisi sepeda motor dan barang bawaan saat mudik. Dok. MI

Pemudik Motor Wajib Perhatikan Hal Ini

Otomotif mudik tips motor tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 16 Desember 2019 11:31
Jakarta: Seperti tahun-tahun sebelumnya, kendaraan roda dua alias sepeda motor diperkirakan masih banyak dipilih sebagai alternatif transportasi bagi para pemudik. Sayangnya, tidak sedikit pemudik sepeda motor yang mengabaikan keselamatan berkendara, termasuk kesiapan kondisi tunggangannya.
 
Padahal kelaikan tunggangan penting, agar standar keselamatan lebih terjaga, dan pemudik tidak mengalami mogok pada kondisi-kondisi yang menyulitkan.
 
Menurut Chief of Trainer Rifat Drive Labs, Herry Wahyudi, ada beberapa faktor krusial untuk dilakukan pengecekan umum yang disebut dengan syarat teknis. Pada bagian ini, pengecekan dilakukan mulai dari senteran lampu, klakson, spakbor atau fender, pengereman, roda, knalpot, suspensi, plat nomor, kemudi, spidometer dan kaca spion. Semua komponen tersebut adalah wajib tersedia pada motor.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada bagian lampu, pengecekan keseluruhan harus dilakukan. Di antaranya lampu jauh, lampu dekat, lampu sein, lampu senja, lampu belakang, lampu stop, lampu untuk plat belakang dan reflektor belakang. Lampu-lampu adalah syarat mutlak untuk melakukan perjalanan jauh, apalagi jika mudik dilakukan pada malam hari.
 
Kemudian penggunaan klakson juga tidak boleh berlebihan. Lantaran ada juga beberapa pemotor yang sengaja menggunakan klakson dengan desibel yang cukup besar. Sehingga membuat pengendara lainnya bisa kaget. Baiknya memang menggunakan klakson standar untuk motor agar juga bisa berempati dengan pemotor lain di jalan raya.
 
Bagian yang juga harus diperhatikan adalah spakbor atau fender. Lantaran peranti ini berfungsi sebagai pelindung dari debu atau lumpur yang terlempar dari alur ban. Kemudian bagian pengereman yang juga berhubungan langsung dengan lampu belakang. Sinkronisasi perlu diperhatikan, jangan sampai lampu belakang belum menyala ketika tuas rem sudah ditekan.
 
Bagian yang wajib dipehatikan adalah bagian roda, termasuk velg dan as dan karet as. Lalu melakukan pengecekan pada fungsi knalpot dan suspensi. Jika salah satunya tidak lagi optimal, lakukan perawatan ringan. Kemudian fungsi panel-panel spidometer juga harus normal.
 
Terakhir, lakukan pengecekan pada kaca spion. Pastikan dudukannya kokoh, agar kaca spion tidak berubah posisi ketika diterpa angin dari depan.

 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif