Banjir depan Wisma Mulia Jakarta. Twitter/TMCPoldaMetro
Banjir depan Wisma Mulia Jakarta. Twitter/TMCPoldaMetro

Tips Knowledge

Benarkah Mobil SUV Lebih Siap Menerjang Banjir?

Otomotif tips knowledge DFSK
Ekawan Raharja • 22 Januari 2020 12:35
Jakarta: Curah Hujan di sejumlah daerah di Indonesia menyebabkan banjir di sejumlah titik, bahkan masuk hingga area perkotaan dan pemukiman masyarakat. Tidak jarang pengendara mobil menerjang banjir agar bisa tetap beraktivitas meski tahu ada sejumlah risiko yang siap menimpa mobil saat melintasi banjir.
 
PR & Digital Manager PT Sokonindo Automobile, Arviane, sejatinya tidak menyarankan kepada para pengemudi mobil, khususnya konsumen DFSK, untuk menerjang banjir. Namun apabila terpaksa, menurutnya mobil sport utility vehicle (SUV) lebih siap menghadapi.
 
"Kami tidak menyarankan kepada konsumen untuk menerjang banjir jika menghadang di depan, sebaiknya putar balik dan mencari jalan lainnya. Apabila terpaksa harus menerjang banjir dengan level rendah, maka Glory 560 masih bisa diandalkan,” ungkap Arviane melalui keterangan resminya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada sejumlah alasan kenapa menurutnya mobil SUV lebih siap untuk menerjang banjir. Dia mengambil contoh Glory 560 memiliki ground clearance hingga 200 mm yang bisa meminimalisir air banjir masuk ke dalam kabin ataupun ke ruang mesin.
 
Kemudian di bagian roda-roda saja, ban SUV biasanya menggunakan pelek dan ban berukuran besar yang memberikan stabilitas ketika melintasi jalanan yang tergenang, dan memperkecil resiko aquaplaning di jalan. Sebagai contoh saja untuk SUV produksi Cikande, Banten, itu menggunakan ban besar berukuran 215/60-17.
 
Posisi lubang hisap udara (air intake) mesin biasanya untuk model SUV, posisinya dibuat lebih tinggi. Insinyur DFSK meletakkan air intake mesin di atas lampu utama, sehingga posisinya tinggi, dan menghindari air masuk ke dalam mesin yang kemudian beresiko terjadi water hammer.
 
Tentu saja, di Indonesia memang cukup banyak SUV yang ditawarkan dengan beragam harga, model, dan spesifikasi. Selain Glory 560, ada sejumlah model dikelasnya seperti Honda HR-V, Toyota Rush, Daihatsu Terios, dan model lainnya juga.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif