Kebakaran mobil di Pondok Indah Jakarta. ANTARA Foto/Muhammad Iqbal
Kebakaran mobil di Pondok Indah Jakarta. ANTARA Foto/Muhammad Iqbal

Tips Otomotif

Cara Mengantisipasi Agar Mobil Tidak Terbakar

Ekawan Raharja • 07 Juli 2022 12:00
Jakarta: Kasus kebakaran yang melibatkan mobil masih kerap terjadi di jalanan atau sedang diparkir. Sebagai pemilik mobil tentu saja berharap kejadian mengenaskan ini tidak menimpa.
 
Workshop Head Body & Paint Astra International – Peugeot, Roni Agung, menjelaskan mobil bisa saja mengalami kebakaran karena beberapa faktor. Selain kecelakaan, mobil terbakar ini bisa berujung maut.
 
“Ada beberapa faktor penyebab mobil terbakar yang sebenarnya sudah bisa dikenali oleh pengemudi sejak awal. Dengan mengenali penyebabnya akan memudahkan tindakan pencegahan kebakaran lebih dini. Sehingga penumpang aman dan selamat saat mobil terus dikendarai,” terang Roni.
 
Penyebab pertama, pastikan tidak ada kebocoran aliran bahan bakar. Kemudian penyebab kedua, jenis material yang mudah terbakar. Kebocoran membuat kedua material ini sangat mudah mengenai bagian mesin yang panas. Penyebab inilah yang akan memicu terjadinya kebakaran pada mobil.
 
“Kebocoran aliran bensin bisa diatasi dengan memperbaiki kualitas selang (hose) bensin dan pengikatnya (klem). Jika selang bensin dan klemnya tidak bisa diperbaiki maka disarankan datang ke bengkel resmi untuk dilakukan penggantian,” wanti Roni Agung.
 
Penyebab lain mobil mudah terbakar karena terdapat masalah pada sistem kelistrikan seperti korsleting. Sumbernya bukan hanya tikus yang merusak kabel penghantar listrik, tapi bisa juga dari masalah soket sambungan yang kendur juga bisa jadi sumber kebakaran.
 
Perlu diperhatikan, terutama penggemar modifikasi mobil, perubahan yang terjadi juga bisa menjadi penyebab mobil terbakar. Seperti contoh bohlam headlamp atau foglamp diganti dengan Watt lebih besar. Penggantian yang tidak sesuai standar bisa menimbulkan kekurangan suply daya hingga timbulkan kebakaran.
 
Terakhir, pastikan tiap kendaraan baik produk lama atau baru tersedia tabung APAR di dalam kabin. Kemudian selalu lakukan perawatan rutin di bengkel resmi Peugeot, agar semua penyebab mobil terbakar dicek oleh teknisi yang profesional dengan alat lengkap. 

 
(ERA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif