Penggunaan disinfektan untuk interior mobil. (mmksi)
Penggunaan disinfektan untuk interior mobil. (mmksi)

Tips Otomotif

Simak, Tips Memilih Disinfektan yang Aman untuk Interior Mobil

Adri Prima • 12 September 2021 18:36
Jakarta: Sejak masa pandemi, penggunaan disinfektan sudah menjadi sesuatu hal yang wajar bahkan sering dipakai untuk membunuh virus Covid-19. Tak jarang pula cairan disinfektan juga kerap digunakan oleh pemilik kendaraan untuk mensterilkan interior mobil mereka. 
 
Kebutuhan akan disinfektan untuk mobil juga beriringan dengan banyaknya peredaran produk-produk disinfektan untuk interior mobil yang dijual di toko-toko hingga bengkel. 
 
Pertanyaannya, bagaimana cara memilih disinfektan yang tepat untuk interior mobil? Menanggapi hal ini, DGH After Sales & CS Operation Group Mitsubishi Indonesia, Ronald Reagan menjelaskan bahwa cara paling mudah memilih disinfektan untuk interior adalah produk yang mengandung cairan yang direkomendasi EPA dari Amerika Serikat. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena produk tersebut bisa digunakan untuk melawan virus dan bakteri di kabin kendaraan tanpa merusak kabin kendaraan. Komponen atau zat inilah yang digunakan sebagai disinfektan di dealer-dealer kami," kata Ronald Reagan dalam wawancara virtual, Kamis 9 September 2021 kemarin. 
 
Dalam kesempatan yang sama, Rifat Sungkar yang juga sebagai influencer otomotif menambahkan kalau jenis disinfektan yang tepat untuk interior mobil adalah yang berbahan dasar water base bukan chemical base. 
 
"Kebetulan saya baru melakukan disinfektan, bahan dasar yang digunakan harus waterbase jangan chemical base. Tentu ada campuran waterbase dan chemical. Kabin kendaraan kan menyerap panas luar biasa dari luar. Untuk kelembaban ruangan kabin mobil juga bisa dikontrol dari waterbase. Jadi bahannya seimbang dari air dan senyawa kimianya," beber Rifat. 
 
Cairan disinfektan berfungsi untuk mampu membunuh bakteri, virus, kuman dan mikroorganisme lain yang bersarang pada suatu permukaan atau benda di sekitarnya. Cairan disinfektan juga bisa dibuat dan diracik sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah seperti cairan pemutih, karbol, pembersih lanti, serta alkohol. 
 
Namun untuk penggunaan pada interior mobil, sangat tidak dianjurkan menggunakan disinfektan asal-asalan karena bisa berpotensi merusak material interior mobil.
 
(PRI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif