Mesin kendaraan sekarang membutuhkan pelumas yang encer. Auto2000
Mesin kendaraan sekarang membutuhkan pelumas yang encer. Auto2000

Kompresi Semakin Tinggi, Mobil Zaman Now Butuh Pelumas Encer

Otomotif tips knowledge pertamina lubricants
Ekawan Raharja • 28 November 2019 08:42
Gadog: Pelumas (oli) merupakan komponen penting untuk melumasi dan melindungi sejumlah komponen lainnya, salah satunya adalah proses kinerja mesin. Komponen berbentuk cairan ini juga terus berkembang kebutuhannya disesuaikan dengan kebutuhan spesifikasi mesin yang semakin lama membutuhkan pelumas dengan tingkat kekentalan yang rendah (alias encer).
 
Technical Specialist PT Pertamina Lubricant, Agung Prabowo, menjelaskan kebutuhan pelumas mesin sekarang ini mengikuti dengan kebutuhan spesifikasi mesin. Sekarang untuk mesin-mesin kendaraan terbaru membutuhkan pelumas yang encer.
 
Kompresi mesin menjadi alasan utama karena semakin ke sini, kompresinya semakin naik. Hal ini dilakukan agar produsen otomotif bisa menghasilkan tenaga lebih kuat, irit bahan bakar, dan semakin ramah lingkungan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kompresi mesin kendaraan semakin tinggi. Dulu konsumsi bahan bakar mobil 1:8 (liter/km), dengan mesin sekarang konsumsi bahan bakar bisa 1:20 km/liter ke atas," ujarnya di sela-sela Touring Forwot XVII Bro Ringo 2019.
 
Kompresi yang semakin tinggi ini disebabkan oleh celah mesin pada bagian ring piston semakin kecil. Sehingga dibutuhkan partikel pelumas yang lebih kecil pula dan pelumas mesin kendaraan sekarang lebih encer.
 
"Celah ring piston mesin kendaraan sekarang semakin kecil. Ini untuk menghasilkan kompresi yang lebih baik. Untuk itu, diperlukan model pelumas dengan partikel lebih kecil ukurannya hingga nano sehingga lebih encer," katanya.
 
Agung juga mengingatkan bahwa pelumas mesin memiliki tiga fungsi utama, yaitu lubricate (pelumas), cool (pendingin), clean (pembersih). Konsumen tidak perlu takut dengan spesifikasi pelumas yang semakin encer tidak akan mengurangi kemampuan pelumas akan tiga fungsi utamanya.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif