Laher pada roda rentan rusak karena air dan kotoran. Medcom.id
Laher pada roda rentan rusak karena air dan kotoran. Medcom.id

Perawatan Kendaraan

Cara Mudah Mengecek Laher Roda Motor Sudah Apkir

M. Bagus Rachmanto • 18 Juni 2020 15:02
Jakarta: Laher roda punya tugas menjadi tumpuan as roda dan komponen kaki-kaki di sepeda motor Anda. Agar bisa bergerak dengan lancar. Jika laher alias bearing ini sudah apkir, stabilitas motor dan kenyamanan berkendara akan berkurang jauh.
 
Hal inilah yang didapati Anton Prasetyo, salah seorang pengguna Yamaha Nmax di roda depan motornya. "Dipakai jalan bunyi sreg-sreg dan ada guncangan yang terasa di setang, dipakai belok jadi seperti ban kempes," keluhnya.
 
Heri Prasetyawan dari bengkel Jaw's Speed menyebutkan laher roda bisa rusak biasanya disebabkan oleh usia pakai, cara berkendara dan kondisi jalan yang dilalui. Debu dan air juga bisa jadi penyebab rusaknya laher.
 
"Kerap menerobos banjir maka pelumas pada laher sedikit-sedikit hilang dan kering. Kotoran yang ikut masuk akan bercampur dengan karat dan menyebabkan laher roda rusak," jelasnya.
 
Gejalanya seperti yang dialami Anton tadi, cara mengeceknya angkat bagian depan motor sampai roda menggantung. "Kemudian goyangnya roda depan, jika ada gerakan seperti celah kosong, itu tandanya laher roda rusak," bebernya lagi.
 
Biaya untuk mengganti laher roda sendiri bervariasi, tapi tidak terlalu mahal. Misalnya laher roda Nmax tadi, harganya tak sampai Rp20 ribu di bengkel resmi dengan kode 6300, dan harus beli dua buah laher roda.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan