Sepeda motor berukuran kecil di Indonesia biasanya menggunakan ABS satu channel untuk rem depan. Medcom.id/Ekawan Raharja
Sepeda motor berukuran kecil di Indonesia biasanya menggunakan ABS satu channel untuk rem depan. Medcom.id/Ekawan Raharja

ABS Satu Channel dan Dua Channel, Punya Performa yang Sama?

Otomotif teknologi otomotif industri otomotif komponen otomotif
M. Bagus Rachmanto • 26 Juni 2019 11:29
Jakarta: Beberapa sepeda motor saat ini sudah menggunakan fitur anti-lock braking system (ABS). Fitur ini pun berkembang dari waktu ke waktu, dari model satu channel dan ada yang dua channel.
 
Project Manager, Chassis System Control Bosch Malaysia, John Chong, menjelaskan secara keseluruhan kerja ABS satu channel dan dua channel memiliki fungsi dan performa yang sama. Hanya saja ABS yang dua channel digunakan untuk sepeda motor yang memiliki sistem rem cakram lebih dari satu.
 
"Untuk ABS satu channel digunakan untuk rem depan yang menggunakan cakram. Kemudian ada beberapa sepeda motor yang menggunakan rem cakram depan dan belakang, maka menggunakan ABS dua channel," terang John kepada Medcom.id di Karawang, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


ABS Satu Channel dan Dua Channel, Punya Performa yang Sama?
 
Cara bekerja sensor ABS untuk dua channel adalah penempatan sensor ABS di cakram roda depan dan belakang. Kemudian sensor ini akan mengirimkan informasi ke modul yang sudah disematkan. Nanti modul ini akan memerintahkan pompa rem memberikan tekanan yang cukup untuk setiap rem di depan dan belakang.
 
John juga menjelaskan ABS ini merupakan fitur keselamatan aktif. Diharapkan dengan adanya ABS ini bisa menekan angka kecelakaan di jalan raya.
 
"Dengan adanya ABS roda tidak akan terkunci karena rem. Sehingga pengendara masih memiliki kontrol kepada sepeda motor untuk bisa bergerak menghindari objek yang ada di depan."
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif