Anda harus siap menghadapi kondisi begini jika berkendara tak dilengkapi pengaman diri. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Anda harus siap menghadapi kondisi begini jika berkendara tak dilengkapi pengaman diri. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Tips Berkendara New Normal

Persiapan Berkendara Aman Jelang New Normal (Bag-1)

Otomotif keselamatan berkendara safety driving
Ahmad Garuda • 05 Juni 2020 17:06
Jakarta: Pandemi global akibat Covid-19 membuat banyak orang harus menjalankan pekerjaannya di rumah saja. Namun menjelang dicabutnya masa pembatasan sosial, banyak orang yang mulai mempersiapkan cara bekerja terbaik agar tetap bisa terhindar dari penyakit menular tersebut.
 
Dalam menjalankan protokol kesehatan menyambut kondisi normal baru di Indonesia atau new normal, beberapa hal harus dipersiapkan dengan baik. Terutama menjelang akhir pekan, di mana kita bisa melakukan persiapan yang lebih baik sebelum kendaraan digunakan.
 
Dari keterangan yang diberikan oleh Auto2000, bahwa beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar kita siap menghadapi kondisi normal yang baru untuk berkendara dan berlalu lintas terdapat beberapa hal. Berikut penjelasan detailnya.

1. Persiapkan Kondisi Kendaraan

Langkah awal ini sangat krusial untuk memastikan mobil tidak memiliki kendala teknis yang bisa merepotkan di jalan, seperti mogok atau bahkan kecelakaan. Tahapan yang dilalui diantaranya mengecek tekanan angin ban, cairan di dalam ruang mesin seperti oli mesin, serta komponen mobil lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perhatikan apakah ada ketidakwajaran seperti suara aneh atau lampu indikator di panel instrumen berkedip saat mesin nyala atau ketika kalian melakukan pengetesan berkendara keliling lingkungan rumah.

2. Cek Surat-Surat Kendaraan

Lama tidak dipakai, tentu kalian bisa lupa di mana meletakkan surat-surat kendaraan, atau bahkan lupa masa berlakunya. Terkesan sepele, namun bila sampai SIM atau STNK mati, akan mengakibatkan timbul masalah di jalan seperti kena tilang polisi.
 
Selain itu, surat-surat yang sudah tidak berlaku seperti SIM akan menyulitkan saat terlibat masalah dengan pihak ketiga meski posisi Anda benar karena secara hukum dilarang mengemudikan mobil. Selain tentunya akan merepotkan ketika harus mengurus asuransi kecelakaan, bahkan ada risiko klaim asuransi ditolak.

3. Gunakan Alat Pengaman Diri

Kalian diwajibkan untuk menggunakan Alat Pengaman Diri (APD) saat mengemudi mobil di jalan. Walaupun belum ada petunjuk detail saat kondisi New Normal kelak diumumkan, yang pasti Anda wajib menggunakan masker, termasuk seluruh anggota keluarga yang menjadi penumpang.
 
Bawa serta hand sanitizer untuk membersihkan tangan dan cairan pembersih mobil atau disinfektan untuk membersihkan bagian mobil yang sering dipegang oleh penumpang.

4. Patuhi Aturan Physical Distancing

Walaupun di dalam mobil sendiri bersama keluarga, Anda harus tetap mematuhi aturan physical distancing (jarak aman) yang ditetapkan oleh pemerintah. Mengacu aturan PSBB, kapasitas mobil hanya boleh maksimal 50%.
 
Artinya, untuk mobil dengan dua baris bangku seperti Toyota Agya atau Yaris, mobil hanya boleh dinaiki oleh 3 orang, yakni pengemudi dan 2 penumpang di belakang. Sementara untuk kendaraan dengan 3 baris bangku seperti Calya atau Innova, hanya boleh dinaiki 4 orang, yakni pengemudi, 2 penumpang di tengah, dan 1 penumpang di baris ketiga.

5. Adaptasi Dengan Kendaraan

Waktu yang cukup lama saat berdiam di rumah ketika menjalankan aturan PSBB membuat Anda melupakan sejenak kebiasaan mengemudi. Oleh sebab itu, cobalah untuk beradaptasi kembali dengan mobil kesayangan. Duduk dan atur posisi duduk sopir ke posisi paling pas dan nyaman.
 
Lakukan pengecekan kondisi mobil lewat panel instrumen, cobalah untuk mengoperasikan berbagai fitur yang tersedia untuk mengingat kembali posisi dan cara kerjanya sehingga tidak membingungkan saat sudah di jalan. Gunakan mobil untuk keliling lingkungan rumah atau sekadar isi bensin untuk memastikan Anda familiar kembali dengan mobil yang dipakai.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif